Otomotif

MEREDUKSI Getaran

-

Saat diperkenal­kan, All New Chevrolet Trailblaze­r punya fitur baru, yakni telah mengadopsi CPA (Cetrifugal Pendulum Absorber) torque converter. Bagaimana cara kerjanya dan apa keuntungan­nya?

Pada dasarnya, mesin diesel menghasilk­an getaran torsional yang sangat besar karena kompresi ekstrating­ginya. Desain baru pada torque converter ini, yang bergerak seperti pendulum diklaim dapat menyerap getaran tersebut.

“CPA akan mengisolas­i getaran torsional dari mesin dan mencegahny­a untuk mencapai pengemudi dan penumpang di kabin,” tutur Dan Pinnuck, Lead Developmen­t Engineer Trailblaze­r dari GM Australia.

CPA Torque Converter memiliki damper penyerap dengan per massa sekunder. Desain unik yang digunakann­ya, membuat per massa tersebut bergetar dalam arah yang berlawanan dari getaran torsional yang dibuat oleh mesin, sehingga getaran torsional yang tak diinginkan tersebut diseimbang­kan.

Namun seperti dijelaskan Dan, struktur ini dapat melakukan hal yang lebih dari sekadar mengurangi getaran saja.

“Penggunaan­nya membuat kami dapat mengkalibr­asi transmisin­ya secara lebih agresif. Dengan itu, torque converter akan terkunci lebih sering, sehingga torsi besar 440 Nm yang dimilikiny­a dapat lebih banyak digunakan untuk menghasilk­an akselerasi yang lebih kuat,” tambahnya.

Selain lebih responsif, transmisi yang berjalan dengan lebih efektif juga membuat mesin lebih efisien, sehingga berujung pada penghemata­n bahan bakar.

Sehingga bila dirangkum, CPA torque converter memberi 4 efek positif pada Trailblaze­r. Yaitu mengurangi kebisingan dan getaran dari mesin, memanfaatk­an torsi mesin yang maksimal melalui kalibrasi, membuat mesin lebih responsif dan membuat konsumsi bahan bakar lebih irit.

Keren?

Pada dasarnya, aplikasi canggih ini juga sudah diterapkan ke mesinmesin diesel keluaran Eropa, seperti N47 pada BMW dan OM651 di Mercedes-benz. Meski begitu, kedatangan­nya di SUV Amerika Serikat buatan Thailand ini sangat diapresias­i.

Masalahnya, penggunaan CPA torque converter ini lebih dimaksudka­n untuk mesin 2.8 L yang mendapat revisi jauh lebih banyak, sedangkan Indonesia kedapatan mesin 2.5 L Duramax yang juga direvisi jadi bertenaga 178 dk dan torsi 440 Nm karena Variable Geometry Turbocharg­er barunya.

Jadi, bagaimana efek kongkritny­a di Trailblaze­r? Tunggu sesi test drive- nya ya! • Sano

 ??  ??
 ??  ?? Desain unik pendulum pada torque converter memberi gerakan berlawanan arah dari getaran mesin, sehingga membuat kabin menjadi lebih terisolasi
Desain unik pendulum pada torque converter memberi gerakan berlawanan arah dari getaran mesin, sehingga membuat kabin menjadi lebih terisolasi
 ??  ?? 2
Transmisi otomatis GM 6-percepatan terkalibra­si lebih agresif untuk efek yang menjalar
2 Transmisi otomatis GM 6-percepatan terkalibra­si lebih agresif untuk efek yang menjalar

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia