Otomotif

Sistem Booster

-

Untuk yang lebih sempurna, sistem kerja kopling sudah dibantu dengan booster. “Kendaraan 4x4 yang sudah pakai booster, pasti akan lebih ringan ketimbang yang belum. Karena master rem yang tadinya hanya didorong oleh tuas pedal, kini dibantu juga tekanannya dengan alat booster ini,” jelas Tandon Padmodimul­jo, yang pernah menyematka­n booster kopling pada tunggannya.

Cara kerja booster ini mengandalk­an isapan udara dari mesin, sama seperti booster rem. “Jadi kendala saat tabung booster sudah tidak kedap udara. Ada kebocoran sedikit saja pasti akan berimbas pada kerja kopling, jadi akan keras karena tabung vacum pada booster tidak berkerja,” jelas Anto.

“Pastikan semua hidrolik master kopling baik, kalau masih keras juga, cek jalur vakum tersumbat kotoran apa tidak. Kalau semua jalur sudah baik tapi pedal kopling masih keras, berati booster kopling sudah harus ganti baru,” ucap Anto.

Buat kendaraan off-road, pakai booster adalah

jalan keluar paling ideal. Memang tidak semua kendaraan 4x4 pakai booster pada kopling. Tapi, pasang booster pada kendaraan 4x4 bukan perkara sulit.

“Karena dimensi booster untuk kopling hanya sebesar cangkir, jadi tidak sulit meletakann­ya. Paling kita hanya membuat dudukan saja untuk booster bertengger,” tutur Anto yang banyak mengubah sistem kopling milik Land Rover. Kopling keras khas kendaraan off-road pun bisa diminimali­sir.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia