Otomotif

Ringan terus di kaki

-

Kaki kiri pegal, hal biasa dialami oleh pengguna jip 4x4 dengan transmisi manual. Karena, memang diciptakan untuk kerja berat. Torsi mesin besar harus disalurkan ke roda yang menanggung beban berat, makanya transfer tenaga dari mesin ke girboks harus maksimal.

“Sebenarnya, untuk off-road yang sifatnya sudah heavy duty, kopling berat paling ideal. Karena akan meminimalk­an gejala kopling selip akibat beban berat. Namun, kendalanya adalah saat dipakai harian dan macet-macetan, kalau kaki enggak terlatih, ya wasalam, hehehe,” jelas Daniel, pengguna Land Rover Series.

“Nah, jadi kendala saat booster dan master yang bertugas menekan kopling sudah tidak sempurna, atau kabel kopling sudah kesat. Pasti kopling akan berat ditekan dengan kaki,” tambah Ramadhan Dede, pemilik bengkel D2 Motorsport. Dengan catatan, dekrup dan kampas kopling dalam kondisi baik.

Untuk itu, kita harus memperhati­kan kondisi sistem kerja kopling. “Pada kendaraan 4x4 transmisi manual. Ada tiga jenis sistem kerja kopling, yang paling sederhana kopling mekanis, lalu hidrolik dan kendaraan mesin besar sudah menggunaka­n booster,” ucap Anto Land, pemilik bengkel Wrought Land Metalsmith.

Tidak cuma diganti baru, sebenarnya ada beberapa tips ringan agar kopling jip 4x4 lebih ringan dari kondisi standar. Yuk, disimak.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia