Otomotif

TERBAWA KOMPETISI, MALAH JUARA

-

Padahal, sang pemilik, Erick Muksim, tidak berniat ikut kompetisi. Sebagai penikmat musik, dia hanya ingin sistem car audio yang enak untuk menembus macetnya Ibukota. “Tapi, karena bergaul di kalangan penyuka car audio, akhirnya terbawa juga ikut kompetisi,” ujarnya.

Dari awalnya hanya menggunaka­n sistem 2- way sederhana, lambat laun berubah menjadi monster kompetisi. Tadinya Erick hanya menggunaka­n HU 2-DIN multimedia, kini pakai single DIN khusus SQ, yakni Clarion HXD2 Special Edition.

“Mobilnya sih sudah pasang sistem sederhana sejak 2015, tapi baru April 2016 sistemnya di- upgrade untuk ikut kontes,” sambung Erick.

Speaker set Helix 2- way langsung digusur 3- way pamungkas, dengan tweeter Focal BE beserta midbassnya dan midrange Venture DD2SR.

Tweeter Focal BE adalah top of the line untuk car audio, yang memakai konus berbahan Beryllium, logam khusus yang sangat ringan namun mahal. Selain sangat ringan, juga sangat kuat, sehingga tepat untuk menghasilk­an frekuensi tinggi.

Berpasanga­n dengan midbass 165 W-RC, menjadi kombinasi serasi. Frekuensi tinggi yang detail dengan bass yang presisi dan berbobot.

Midrange DD2SR dari Venture dibuat dari bahan komposit campuran serat pisang Abaca dan graphite, menghasilk­an suara vokal nan indah dan jernih. Mendengark­an Thinking Out Loud dari Chantal Chamberlan­d, sungguh membuai.

Kombinasi vokal khas Chantal yang sedikit serak, dan alunan gitar akustik apik nan merdu, apalagi imagingnya akurat, tertata rapi di atas dasbor.

Mainkan sedikit musik trance, terdengar nada bas yang berbobot, detail dan rapi di atas dasbor. Tak ada indikasi subwoofer Focal yang tertanam di belakang. Pertanda instalasi dan tuning yang luar biasa.

“Perlu 5 bulan untuk tuning awal sebelum mendapatka­n suara yang kita inginkan. Setelah itu tinggal fine tuning sedikit-sedikit setiap sebelum kompetisi,” ujar Johny Chandra, yang lebih akrab disapa Johny Mega, juragan Mega Audio.

Prestasi di kompetisi pun menjadi hasil nyata yang tidak dapat dipungkiri. Outlander ini mencatat juara kelas Profesiona­l Pro 120 juta dan King Of Extreme di kompetisi CAN Carnival di 2016, juga juara pada kelas Unlimited di Emma Qualifying Round 2 serta Final

Outlander karya Mega Audio ini salah satu yang disegani di ajang kontes SQ

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia