Otomotif

INDIKATOR MCLAREN BISA ‘SEMBUNYI’

-

Semakin banyak informasi yang ditampilka­n pada layar indikator sejatinya akan semakin baik. Sebab, pengendara mampu melihat kondisi kendaraan hanya dari kabin saja. Terutama untuk bagian-bagian penting. Namun ternyata semakin banyak informasi dalam layar indikator, juga bisa bikin bingung dan ganggu konsentras­i. Terutama jika sedang memacu supercar, yang sangat mudah melaju melebihi 200 km/jam.

Inilah yang dilakukan oleh pabrikan Mclaren pada seri 720S. Dikutip dari Autoblog.com pada mobil tersebut, beberapa indikator dapat sembunyi, atau berubah menampilan yang benar-benar penting dan diperlukan. Ketika sedang melaju kencang atau drifting, ‘bersihnya’ pandangan ke luar akan jauh lebih dipentingk­an daripada lagu yang sedang diputar, konsumsi bahan bakar atau juga operasiona­l AC.

Ketika dirasa ‘tak lagi’ dibutuhkan, maka indikator tersebut bisa disembunyi­kan dengan hanya menekan tombol yang ada. Sehingga, suasana dasbor akan lebih bersih dan konsentras­i bisa tetap terjaga.

Saat layar besar tersebut ‘menghilang’ maka akan digantikan oleh layar yang lebih kecil. Isi informasin­ya juga sangat terbatas, tapi sangat penting. Seperti posisi gigi transmisi, kecepatan, dan juga putaran mesin.

Namun ketika masih berjalan ‘pelan’ maka layar utama yang berukuran 8 inci akan jelas terpampang. Berisi informasi mengenai seluruh keadaan mobil. • toncil

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia