Otomotif

APA SAJA YANG BERUBAH?

Edisi 42 : XXVI 09 - 15 maret 2017

-

Untuk pertama kalinya dalam sejarah panjang Formula 1, peraturan teknis telah disusun secara khusus dengan tujuan membuat mobil lebih cepat. Diharapkan ada peningkata­n waktu lap mulai tiga sampai lima detik per lap tergantung sirkuit. Dalam arti luas, dimensi sasis dan bagian bodi mobil menghasilk­an downforce yang meningkat.

Mobil F1 2017 kini dirancang dengan sayap lebih besar dan lantai yang lebih luas dari mobil-mobil tahun lalu. Direktur teknis sasis tim Renault, Nick Chester menegaskan bahwa tim F1 harus memulai lagi dari awal.

Menurutnya, tim memiliki optimasi berbeda untuk membentuk diffuser (bagian bawah belakang mobil). “Aliran sekitar sayap belakang yang lebih lebar akan menjadi berbeda, bentuk endplates akan sangat berbeda juga. Jadi, itu adalah masalah yang semuanya baru,” katanya kepada F1i.

Jadi, apa saja yang berubah? Mari perhatikan spek mobil F1 2017 dari ujung depan ke belakang. • Fendi

• Model dan tipe yang dipasarkan beragam dan variatif karena banyaknya pabrikan bermain di LCGC ini • Layanan purna jual tak sebatas dari jaringan APM melainkan juga non-apm cukup banyak termasuk di antaranya suku cadang • Harga jual terjangkau karena kebijakan LCGC memang diperuntuk­kan mobil yang harganya terjangkau masyarakat

• Konsumsi bahan bakar tak seefisien teknologi mobil dua mesin • Demikian juga emisi gas buang kalah dari emisi gas buang mobil hybrid

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia