Otomotif

DERETAN KOLEKSI YANG BIKIN TERCENGANG

-

Selain para pangeran dari Arab, yang juga dikenal mampu koleksi banyak mobil mewah bahkan sampai hyper yakni para pangeran asal Timur Tengah.

Sheikh Sultan Zayed Al-nahyan, pangeran Dubai yang mengantong­i jumlah kekayaan Rp 262 triliun ini memiliki ratusan koleksi mobil mewah dan mendirikan museum mobil mewah. Bernama SBH Royal Galeri Auto, museum yang terletak di wilayah pribadinya di Abu Dhabi khusus menempatka­n mobil-mobilnya saja.

Ratusan mobil mewah yang dimilki seperti Mercedes-benz G55 AMG dan Audi A8 yang pada bodinya berlapiska­n perak. Masih adalagi RollsRoyce, Lamborghin­i, Ferrari, Porsche, dan BMW.

Koleksinya tak bisa dipandang sebelah mata, karena terdiri atas ratusan mobil mewah dan modern terbaik di dunia. Salah satunya adalah Bugatti EB110, Veyron Pur Sang dan dua Bugatti lainnya, Aston Martin DB AR1, BMW Alpina V8 Roadster dan i8 Coupe, Chevrolet Corvetee Stingray 1967, Ferrari 599XX dan Enzo, F40, F50, Laferrari, Lamborghin­i Reventon, Maserati MC12, Mclaren P1, hingga puluhan Mercedes-benz canggih.

Zayed juga tercatat memiliki hotel termahal di dunia, istana supermegah, dan juga memiliki banyak cadangan minyak di dunia, seperti dilansir Bornrich.

JEEP 50 TON

Sementara, di Uni Emirat Arab, pangeran Sheikh Hamad bin Hamdan Al Nahyan memiliki koleksi mobil mewah hingga 400 unit. Koleksinya cukup unik. Mulai sedan hingga truk, bahkan juga mobil-mobil yang berukuran raksasa hingga mobil yang dicat warna-warni mirip pelangi.

Sheik Hamad Bin Hamdan Al Nahyan ini mendirikan museum untuk koleksi mobilnya yang bernama Emirates National Auto Museum. Berbentuk piramida untuk tempat penyimpana­n mobil miliknya yang terletak 45 kilometer sebelah selatan kota Abu Dhabi.

Koleksi mobil uniknya ialah Mercedes-benz 500 SEL yang memiliki warna pelangi, Rolls Royce Phantom, Volkswagen dan Land Rover Shortland keluaran 1972.

Ada pula truk terbesar di dunia, Dodge Wagon dan juga Jeep Willys WW2 yang menjadi model Jeep Willys terbesar dan tercatat dalam Guinness Book of World Records pada 2012. Mobil truk terbesar di dunia itu merupakan replika dari Dodge Power Wagon yang bobotnya lebih dari 50 ton.

Masih dari Uni Emirat Arab, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum yang dikenal sebagai Wakil Presiden Umi Emirat Arab, juga memiliki hobi mengoleksi kendaraan mewah. Hingga kini, terdapat 100 unit jajaran mobil mewah yang telah dimilikiny­a. Di antaranya Maybach, Ferrari, Rolls-royce, Mercedes-benz, dan juga Lamborghin­i. Salah satu mobilnya yang unik adalah Mercedes yang berbentuk seperti Hummer dengan lapisan metal.

Namun, berbagai rentetan koleksi mobil mewah pangeran Arab Saudi, Dubai dan Uni Emirat Arab masih kalah dan tertinggal dengan koleksi mobil milik Sultan Hassanal Bolkiah.

Raja Brunei Darussalam ini memiliki koleksi mencapai 7.000 mobil yang tersimpan di lima garasi berukuran besar yang berada di dekat kerajaanny­a.

Koleksi mobil Sultan Brunei ini merupakan model mobil yang paling mahal, limited edition dan memiliki tenaga mesin besar. Jenis koleksinya seperti, Bugatti Veyron, enam Roll-royce Phantom antipeluru, Porsche 959, Porsche Carrera GT, Lamborghin­i Diablo Jota, Lamborghin­i Murcielago LP640, Bugatti EB110, Maybach 62, 962s Jaguar XJR-15, dan enam Dauer. Dia juga memiliki enam Ferrari model FX, Bentley Continenta­l R, Porsche Carma, Koenigsegg Agera CC GT, dua mobil konsep Ferrari Mythos, dan Mercedes-benz CLK-GTR yang diproduksi khusus untuk Sultan, serta masih banyak lagi koleksinya. • Safar

Suzuki motor pernah merilis motor sport berkapasit­as 250 cc dengan nama Inazuma. Sayangnya, penjualan kurang berhasil karena harga terlalu mahal, disebabkan produk masih CBU.

Meski demikian, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) seakan tak kapok dan siap untuk meramaikan pasar 250 cc. Kelas ini sudah dihuni lebih dulu oleh Kawasaki dan juga Honda.

Indikasi ini terlihat nyata. “Pastinya “. Karena meski penjualann­ya kecil, pasar sport 250 cc itu tetap ada dan potensial,” ucap Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT SIS yang mengisyara­tkan bakal ada model baru sport 250 cc dari Suzuki Indonesia.

Kendati tidak menyebut pasti model sport 250 cc apa yang bakal diboyong Suzuki Indonesia, semua mata tertuju pada satu model sport fairing terbaru Suzuki, yakni GSX-250R.

Indikatorn­ya kuat. Belum lama pihak Suzuki merilis harga untuk pasar Jepang, langsung merilis harga untuk pasar Eropa. Secara kasar, motor pasar Eropa dihargai Rp 70,5 juta.

Selain warna standar, masih ada warna livery Motogp. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi, sekitar Rp 72,2 juta.

Kapan ya masuk pasar Indonesia? • toncil, Luthfi

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia