Otomotif

Cara mudah terhindar Dari oli palsu

-

Peredaran pelumas atau oli mesin palsu seakan tiada berhenti, pada akhirnya konsumen pula yang akan dirugikan. Baik secara materi dan juga kualitas dari oli tersebut. Dengan harga perolehan, justru mendapat kualitas yang lebih rendah dari yang asli.

Coordinato­r Product Developmen­t Specialist Pertamina Lubricants, Mia Krishna Anggraini menuturkan cara agar konsumen memperoleh oli mesin yang asli dan aman.

“Jangan tergiur harga murah. Biasakan teliti dengan memperhati­kan kemasannya lebih dulu dan membeli di retail terpercaya atau outlet resmi,” kata Mia kepada di Ballroom Gedung Pertamina Pusat, Jakarta. Senin (5/3).

Lanjut Mia, di setiap produk pelumas yang beredar di pasaran biasanya menggunaka­n beragam tipe pengamanan produk. Khusus untuk produk yang dikeluarka­n oleh Pertamina Lubricants, sudah dibekali dengan seal atau segel penutup kemasan yang diklaim tidak mungkin dapat dipalsukan oleh siapapun.

“Kalau produk pelumas Pertamina sudah dibekali segel yang presisi dan nomor kode kemasan yang teregistra­si dan sangat sulit dipalsukan. Produk lain biasanya juga ada, tapi mungkin berbeda cara pengamanan­nya,” imbuhnya.

Meski masih mungkin untuk dipalsukan, namun memberi segel tersebut akan membuat sang pemalsu untuk berpikir lagi. Sebab investasi juga tak kecil. • MAS

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia