Otomotif

SIAPKAN TEKNISI LEWAT KERJASAMA DENGAN SEKOLAH

-

Sejak 2000, PT Honda Prospect Motor (HPM) agen pemegang merek Honda di Indonesia telah melakukan kerjasama dengan sekolah-sekolah kejuruan. Kali ini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kartika di Makassar, Sulsel yang diajak kerjasama (3/3). Program ini merupakan yang ke-45 kali bagi HPM.

Pendidikan yang digulirkan oleh HPM ini jadi program dasar yang diberikan di SMK. Maksudnya supaya para siswa setelah lulus sekolah, bidang keilmuanny­a dapat diserap oleh industri otomotif. Khususnya sebagai teknisi di dealer-dealer Honda.

Supaya program yang dijalankan bisa berhasil dengan baik, maka Honda membuka kelas khusus. Ada cukup banyak, seperti memberikan training dan on job training (OJT) kepada para guru, kemudian melakukan seleksi kepada siswa berprestas­i dan kemauan tinggi yang langsung ingin bekeja di industri otomotif.

Ada pula OJT kepada siswa pilihan ke dealer Honda dalam jangka waktu paling pendek empat bulan. Pemberian kesempatan kerja kepada para siswa yang termasuk dalam program jaringan dealer Honda.

Selain itu, pihak HPM juga memberikan alat peraga kepada SMK Kartika. Berupa satu unit Honda Brio Satya, shop manual, peralatan kerja, perlengkap­an khusus dan informasi teknologi.

“Kegiatan ini sesuai dengan komitmen global Honda untuk dapat berkontrib­usi bagi masyarakat dimanapun kami berada. Saat ini kami terus berkolabor­asi dengan masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia untuk meningkatk­an kualitas SDM serta melakukan transfer ilmu guna memajukan dunia pendidikan khususnya di industri otomotif sesuai bidang usaha kami,” sebut Tomoki Uchida, Presiden Director PT HPM.

Program kerjasama dengan SMK ini juga untuk menyiapkan tenaga-tenaga ahli. Seiring dengan kapasitas produksi maksimal pabrik Honda di Kawasan Industri Mitra Karawang, Jabar yang mampu memproduks­i sampai 200 ribu unit. • toncil

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia