Otomotif

KOLEKSI MOBIL MEWAH PANGERAN TIMUR TENGAH

-

Ingar bingar kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-saud ke Indonesia memberi potret kemegahan gaya hidup dari keluarga Kerajaan Arab Saudi. Total kekayaan kerajaan Arab Saudi mencapai US$ 1,4 triliun atau sekitar Rp 18.620 triliun. Sementara total kekayaan pribadi Raja Salman Rp 240 Triliun.

Seperti halnya Pangeran Al Waleed bin Talal bin Abdul Aziz Al Saud, seorang pangeran paling ‘senior’ di antara rentetan pangeran Arab Saudi lainnya. Dia memiliki kekayaan sekitar 20 miliar dollar AS atau sekitar Rp 260 triliun. Tentunya, hal ini yang membuat pangeran Al Waleed diposisika­n menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

BERTABUR SWAROVSKI

Dengan kekayaan seperti itu, maka wajar jika dirinya mengoleksi ratusan mobil. Berjejer hingga mencapai 300 unit yang tersebar di beberapa garasi rumah di wilayah di Arab Saudi, Eropa, hingga Amerika Serikat.

Konon mobilnya pun ada yang terparkir di Jakarta, sebab Pangeran Al Waleed adalah pemilik Hotel Raffles Indonesia yang dipakai Raja Salman saat kunjungan di Indonesia.

Seperti dilansir Therichest, koleksi mobil menarik milik pangeran Al Waleed ialah Rolls Royce Phantom dengan panel sepenuhnya berlapis kayu Oak. Rolls Royce Phantom miliknya terbilang sempurna karena dapat memenuhi berbagai kebutuhan yang diinginkan pangeran.

Selain itu, Al Waleed pun mengoleksi berbagai seri Ferrari dan Lamborghin­i. Koleksi yang paling istimewa ialah Mercedes-benz SL 600. Bukan hanya seri Mercedes biasa, namun sekujur bodi mobil bertabur ribuan permata Swarovski. Menjadikan harga satu unit mobil itu sekitar 4,8 juta dolar AS atau senilai Rp 624 miliar.

Mercedes-benz SL 600 tersebut kerap dijadikan obyek pameran. Bagi pengunjung yang ingin menyentuh wajib setor dana sekitar 1.000 US Dollar, atau sekitar Rp 13 juta. Weleh, mahal juga ya.

Sementara, pangeran Badr bin Saud memiliki kekayaan hingga US$ 21 miliar atau sekitar Rp 273 triliun. Hal ini yang menjadikan­nya berani membeli hypercar Bugatti Chiron sepaket dengan Bugatti Gran Turismo, sebuah mobil konsep yang dikembangk­an dari salah satu mobil di game balap tenar Playstatio­n.

“Bugatti senang mengumumka­n bahwa Bugatti Chiron dan Bugatti Vision Gran Turismo menaklukka­n hati seorang penggemar mobil dari Arab Saudi. Yang membeli kedua kendaraan untuk menjadi mahkota dari koleksi mobil privatnya,” tulis laman Facebook resmi Bugatti.

Sebagai informasi, harga satu unit Bugatti Chiron US$ 2,5 juta atau setara Rp 32,78 miliar. Untuk dua unit mobil, Bugatti mematoknya hingga US$ 5 juta atau setara Rp 65,5 miliar. Maka, Pangeran Badr bin Saud memberi penawaran yang meyakinkan dan akhirnya kedua mobil itu menjadi miliknya.

Sementara itu, mobil konsep Vision Gran Turismo dipamerkan pada Frankfurt Motor Show 2015. Keduanya kembali dipajang di Pebble Beach Concours d’elegance, sebuah acara amal bernuansa otomotif yang dilakukan di Pebble Beach Golf Links, Pebble Beach, California, Amerika Serikat (AS).

Bugatti Vision Gran Turismo dan Bugatti Chiron ini memiliki kekuatan mesin W16 8,0 liter quad-turbocharg­er. Mesin ini menghasilk­an tenaga 1.500 hp dan torsi 1.600 Nm. • Safar

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia