Otomotif

FIRST IMPRESSION KIA RIO 1.2

Untuk menjaga harga tetap kompetitif, kecil kemungkina­n PT Kia Mobil Indonesia akan membawa All New Rio full spec nantinya. Ini varian yang lebih mungkin dibawa

-

Masih ingat All New Kia Rio 1.0 T-GDI dan 1.4 CRDI yang OTOMOTIF coba langsung di Portugal? Fitur berlebih lengkap dan mesin menggiurka­n memang masih terdengar mengejutka­n untuk sebuah Kia. Nah, bagaimana kalau bukan seperti itu varian yang nanti datang ke Indonesia?

OTOMOTIF merasakan langsung tipe Rio yang lebih down to earth, bermesin 1.25 L MPI (Multi Point Injection) dengan tenaga 83 dk dan torsi 122 Nm. Meski bukan ini jantung yang akan digunakan nantinya di dalam negeri, namun fiturnya memberikan gambaran seperti apa bila Rio mengalami ‘ spec down’ untuk menurunkan harga.

Smart key diganti flip key seperti Rio di Indonesia sekarang, menyalakan mesin pun masih perlu memutar kunci. Yang sangat disayangka­n, auto climate control diganti dengan AC manual yang membuat fascia tengah menjadi kurang padat, bahkan sedikit terasa kosong dibanding versi mahalnya.

Untungnya, seperti Kia pun menyadari pembeli entry level juga tetap mengingink­an konektivit­as yang tinggi, sehingga head unit floating HMI (Human Machine Interface) berukuran 7 inci yang dikeliling­i frame piano black hingga ventilasi AC masih ada. Begitu juga fitur seperti Bluetooth, navigasi, Android Auto & Apple Carplay hingga tombol audio di setir.

Layar MID (Multi Informatio­n Display) juga terlihat lebih sederhana tanpa adanya pengaturan advanced seperti notifikasi saat menyalakan lampu dan wiper.

Jok juga masih belum dilapisi kulit, namun sangat menyenangk­an melihat hal-hal seperti 3 headrest dan seatbelt 3 titik di belakang masih ada, juga konsol tengah di depan serta pengatur ketinggian seatbelt depan.

Tetap saja, untuk varian entry level, Rio 1.25 MPI ini tergolong masih tidak terlalu pelit soal fitur.

Saat generasi keempat hatchback K-pop ini akan masuk ke Indonesia pada bulan April nanti, ekspektasi­kan akan memiliki fitur-fitur yang serupa, namun dengan mesin lama 1.4 L MPI yang menghasilk­an tenaga 107 dk dan torsi 138 Nm.• Sano

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia