Otomotif

MERAWAT HONDA ASTREA PRIMA

-

Mas Aant, apa kabar. Langsung aja mau tanya bagaimana harusnya merawat Honda Prima yang sudah seperempat abad lebih. Dengan usia segitu bagusnya pake oli spek gimana. Biar tetap bisa jalan 70-80 km/jam apa yang mesti diperhatik­an.

Sekian pertanyaan saya, makasih salam sukses. Khuril Lingkungan Tepung Sari, Wali Telon Selatan, Temanggung

Kabar saya baik Mas Khuril. Merawat Honda Astrea Prima yang sudah berumur, sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan motor baru, hanya saja memang harus lebih teliti dan sabar, karena biasanya sudah banyak komponen yang aus.

Yang terpenting jika kondisi masih prima, wajib rajin servis rutin dan ganti oli maksimal tiap 3.000 km, biar usia motornya makin panjang. Saat servis poin-poin utamanya yaitu pemeriksaa­n karburator, celah klep, busi, filter udara, rantai dan gir, serta lampu-lampu.

Untuk oli, disesuaika­n dengan usia dan rekomendas­i pabrik, yaitu pakai yang punya kekentalan tinggi, SAE 20W-50. Kenapa harus kental? Karena celah mesin teknologi lama besar, makanya harus diisi oli kental. Standar API enggak butuh tinggi, cukup SE atau sedikit lebih tinggi.

Jika kondisi mesin sehat, Astrea Prima sangat mudah untuk melaju 7080 km/jam. Sehat yang pertama yaitu kondisi ruang bakar normal, tak ada kebocoran kompresi karena ring piston, piston atau silinder yang aus. Sehat yang kedua dari sistem pengapian, api di busi harus normal karena koil, CDI atau spul lemah. Sehat ketiga dari sistem pengabutan, tak ada kebocoran saluran masuk dan karburator atau filter udara mampat. Berikutnya sistem transfer tenaga yaitu kopling juga harus sehat, dalam kondisi tak aus yang berakibat putaran tenaga dari kruk as tak bisa tersalur maksimal ke transmisi yang dilanjutka­n ke roda.

Nah demikian jawaban saya, semoga Astrea Prima-nya sehat selalu ya!

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia