Otomotif

kawasaki ninja RR ganti knalpot

-

Mau tanya nih mas saya ada masalah di motor Kawasaki New Ninja RR 2012, saya ganti knalpot racing, ganti juga spuyernya pakai pj 27,5 mj 270. Hasilnya di rpm tinggi kebasahan, naik rpm juga nahan karena kebasahan.

Saya ganti lagi pj 27,5 mj 250. Hasilnya tarikan atas bawah sangat bertenaga, sesuai ekspektasi saya. Nah ada 1 masalah, yaitu motor hanya nahan/terhambat di 11.000 rpm ketika ke 12.000 rpm motor langsung keluar lagi tenaganya. Busi sudah saya ganti pun sama hasilnya, motor pun masih standar. Apa itu masalahnya pada knalpot saya? Terima kasih. Best regard. Sandy Ramadhan Jl. Budi Mulya, Pademangan Barat, Jakarta Utara 14420

Sebelumnya terima kasih Bang Sandy untuk pertanyaan­nya. Saya coba bantu analisa mengenai masalah di Kawasaki New Ninja RR setelah ganti knalpot.

Dari beberapa kali mengetes knalpot racing untuk Ninja RR, memang konstruksi atau rancangan knalpot sangat pengaruh pada karakter tenaga yang dihasilkan. Ada yang bagus dari bawah sampai atas, ada yang tengahnya kurang, bahkan ada juga yang membuat putaran atas jadi loyo. Maka mesti pintar saat pilih knalpot, paling mudah cari referensi hasil komparasi atau dari testimoni rekan pengguna motor yang sama.

Nah kemungkina­n pertama penyebab tertahan di 11.000 rpm memang dari konstruksi knalpot itu sendiri, maka akan sulit untuk menanganin­ya, karena bawaan lahir, hehee... Namun bisa juga dari kemungkina­n kedua, yaitu kembali dari pasokan bensin dari karburator yang pada putaran tersebut kurang pas. Ahat sedikit lebih basah, jadi bisa tertolong agar tak tertahan, bisa coba dimainkan sedikit dari jarum skepnya, boroskan sedikit dengan dinaikkan posisinya. Karena jarum skep tak dilengkapi setelan, maka ganjal saja pakai potongan plat tipis, tentu sebelumnya bongkar skep karburator­nya dan copot jarumnya. Jika ada setelan tentu lebih mudah tinggal pindahkan klipnya satu posisi ke yang lebih rendah.

Selamat mencoba ya!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia