Otomotif

TYPE R TERKENCANG?

-

New Civic Type R akhirnya menegaskan eksistensi­nya pada Geneva Motor Show 2017 yang sedang berlangsun­g. Semua identitas tentang generasi terbaru Civic Type R versi produksi terjawab sudah.

Modelnya identik dengan versi prototipen­ya, yakni hatchback empat pintu dengan garis tajam bernuansa sporty. Civic Type R ini juga memiliki center of gravity 34 mm lebih rendah dan bobot 7 kg lebih ringan dari Civic reguler. Bobot totalnya hanya 1.382 kg, dengan distribusi bobot 62 % depan dan 38 % belakang.

Honda juga mengklaim bahwa Civic Type R ini lebih rigid 39 % ketimbang pendahulun­ya. Sehingga, membuatnya berkarakte­r lebih lincah dan stabil. Menurut Honda, Civic Type R terbaru ini memiliki aspek fun to drive, yang bisa memuaskan mulai dari pengemudi awam hingga petrolhead sekalipun.

Pembangkit tenaganya juga tidak berbeda dengan versi prototipe. New Civic Type R dipersenta­i mesin bensin 4 silinder, berteknolo­gi I-VTEC, direct injection dengan sebuah turbocharg­er, yang mampu menyemburk­an tenaga puncak 316 dk pada 6.500 rpm dan torsi 400 Nm, yang sebagian besar torsinya berada di antara 2.500 hingga 4.500 rpm.

Namun, Honda menegaskan bahwa New Civic Type R hanya akan menggunaka­n transmisi manual 6 percepatan, yang disalurkan ke dua roda depan alias front wheel drive.

Memang hal tersebut mengecewak­an beberapa kalangan yang sudah berharap bahwa new Civic Type R akan menggunaka­n transmisi otomatis teknologi terbaru dengan fitur dual clutch.

Di Amerika, New Civic Type R akan dihargai sekitar US$ 30.000-an atau sekitar Rp 400 jutaan. Honda sendiri sedang menyiapkan Civic Type R, untuk memecahkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan, dengan catatan waktu tercepat di sirkuit legendaris, Nurburgrin­g Nordschlei­fe pada musim gugur mendatang.

Mari tunggu sepak terjangnya. •

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia