Otomotif

STANCE SUV LOVERS

Tampil beda dengan HR-V yang dibuat seamblas mungkin

-

Sebagai drifter muda berbakat, sudah tak asing lagi bagi M. Farhan Maulana melakukan atraksi memacu adrenalin, seperti melakukan sideways di kecepatan tinggi.

Namun untuk harian, Farhan justru tampil sebaliknya, andalkan Honda HR-V yang merupakan pemberian sang ayah. “Kebetulan bokap kasihnya HR-V pas gue ultah, ya sekalian modifikasi saja,” ujarnya.

Farhan ternyata doyan tampil amblas ala stancelove­rs, sehingga HR-V miliknya pun dibuat dengan gaya mepet fender. Pertama, adalah pemilihan pelek yang cukup krusial, untuk mendapatka­n tampilan kakikaki seagresif mungkin.

Farhan memilih merek Enkei RS05RR. Pelek one piece ini dinilai cocok banget dengan tubuh sintal HR-V. Ukurannya 18 inci dengan lebar 8 dan 10,5 inci di belakang.

Memang membutuhka­n effort agar dapat berputar dengan aman di fender HR-V. Terlebih offset- nya 30 di depan dan 35 di belakang.

“Lebar 10,5 dengan offset 35 sih sudah pasti enggak bisa masuk HR-V kalau tanpa mengubah fender,” sahutnya sambil tersenyum.

Sehingga, Farhan terpaksa melakukan ‘sentuhan’ pada fender HR-V. Caranya, dengan menarik bibir fender keluar. “Gue menghindar­i coak atau radius, karena masih sayang sama bodi HR-V,” terang drifter dari tim Kuja Motorsport GT Radial Drift Team ini.

Namun fender depan dan belakang pun harus ditarik hingga mencapa sekitar 4 cm. Setelah itu, bekas fender yang ditarik tersebut ditutup dengan overfender bawaan HR-V supaya terlihat rapi.

Setelah fender, Farhan juga memasangka­n baut camber demi mendapatka­n sudut minus 2 di depan dan minus 3 di belakang. “Kalau enggak di- camber, roda keluar dari fender sampai tiga jari,” serunya.

Settingan suspensi juga berpengaru­h untuk mendapatka­n stance yang seagresif mungkin. Namun Farhan menghindar­i untuk menggunaka­n komponen custom.

“Sekalian pakai coilover biar ngaturnya enak dan amblesnya pol,” ujarnya. Coilover ISC tipe Street dipilih untuk dipasangka­n pada kaki-kaki HR-V.

Settingann­ya memang diperhatik­an dengan detail. rate- nya disetel pada angka 3 kg/mm. Kekerasan per tersebut dinilai pas dengan ketinggian yang diinginkan. Sementara tingkat kekerasann­ya disetel pada 10 klik di depan dan 7 klik di belakang.

Dengan stance seamblas ini, Farhan masih berani mengajak HR-V miliknya ini untuk menjelajah­i jalanan Jakarta yang terkenal dengan permukaan jalannya yang bervariasi.

“Ya harus hati-hati saja bawanya dan yang pasti harus hafalin jalan biar enggak kena lubang,” ujarnya sambil tertawa. Salut! • Tom

 ??  ??
 ??  ?? Fender tetap terlihat rapi meski sudah ditarik agar pelek Enkei dengan spesifikas­i agresif bisa masuk dengan aman
Fender tetap terlihat rapi meski sudah ditarik agar pelek Enkei dengan spesifikas­i agresif bisa masuk dengan aman
 ??  ?? Pelek Enkei RS05RR yang bisa tampil sporty sekaligus keren ketika digunakan untuk stance
Pelek Enkei RS05RR yang bisa tampil sporty sekaligus keren ketika digunakan untuk stance
 ??  ?? Biar sangar di trek drift, Farhan memilih untuk tampil minimalis namun agresif ala stance lovers, biar pas dengan tren modifikasi kekinian
Biar sangar di trek drift, Farhan memilih untuk tampil minimalis namun agresif ala stance lovers, biar pas dengan tren modifikasi kekinian
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia