Otomotif

YAMAHA MIO M3 125 AKS SSS DAN ALL FITUR & TEKNOLOGI

-

Duo skutik Yamaha yang dibekali fitur Advance Key System (AKS) dan Stop & Start System (SSS), yaitu Mio M3 125 AKS SSS dan All New Soul GT AKS SSS diperkenal­kan awal November 2016 silam. Dan setelah menunggu sekian lama, akhirnya OTOMOTIF mendapatka­n unit tesnya.

Paling bikin penasaran tentu ingin merasakan kinerja dari SSS, karena ada quick start dan masih menggunaka­n dinamo biasa bukan SMG (Smart Motor Generator) seperti Aerox 155 VVA. Seperti apa sih? Yuk mari kita kupas! • Tim OTOMOTIF

Kedua motor ini dibekali fitur mirip. Seperti spidometer­nya masih pakai jarum analog. Imbuhannya info lampu-lampu dan yang baru tentu ada lampu ECO indicator dan lampu logo SSS, huruf A dikasih lingkaran dengan ujung anak panah. Lampu ECO indicator akan menyala ketika berkendara secara santai, membuka gas secara halus sehingga bisa memandu untuk hemat bahan bakar. Sedangkan lampu SSS akan menyala ketika saklarnya sudah diaktifkan dan sistem SSS siap bekerja, kerja SSS akan mematikan mesin jika berhenti selama 5 detik diiringi lampu berkedip. Untuk menghidupk­an kembali cukup memutar gas.

Ada juga Advance Key System (AKS) yang berfungsi untuk Answer Back System dan Auto Open Key Shutter, dimana pengaman magnet bisa membuka sendiri hanya dengan menekan dan menahan tombol pada anak kunci. Tak hanya otomatis membuka, tapi juga ada lampunya yang memudahkan saat di tempat gelap.

Fitur lainnya adalah Smart Lock System, yaitu pengunci handel rem belakang dan Smart Side Stand Switch sebagai pengaman jika pengendara lupa menaikkan side stand.

Bagasi di bawah jok Mio M3 125 punya kapasitas 10,1 liter, sedang All New Soul GT 14 liter. Lumayan luas namun tidak terlalu dalam. Konsol di dek depan cukup dalam, sehingga pas untuk menaruh botol minum 600 ml tanpa takut terlempar saat melewati jalan bergelomba­ng, justru yang sisi kanan kontak sangat kecil. Buat naruh apa ya?

All New Soul GT dibekali ban lebar. Depan pakai ukuran 80/80-14 membalut pelek 1.60x14 dan belakang 100/70-14 ketemu pelek 2.50x14. Sedang Mio M3 ukuran bannya mungil.

Dari sisi teknologi mesin, kedua skutik andalan Yamaha ini telah menggunaka­n sistem injeksi. Yang beda adalah pada kinerja SSS, yang mana ada teknologi quick start. Waktu untuk menyalakan mesin hanya 0,4 detik, normalnya 0,8 detik.

 ??  ?? 100 kg! Rasanya cocok juga buat kaum wanita yang butuh skutik kecil dan lincah.
Redaman suspensiny­a pun tergolong nyaman, khususnya yang depan. Sedang belakang kalau sendirian agak keras, tapi kalau untuk berbonceng­an empuknya pas!
100 kg! Rasanya cocok juga buat kaum wanita yang butuh skutik kecil dan lincah. Redaman suspensiny­a pun tergolong nyaman, khususnya yang depan. Sedang belakang kalau sendirian agak keras, tapi kalau untuk berbonceng­an empuknya pas!
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia