Otomotif

DIHITUNG PERJAM

Panduan Servis Scrambler Ducati Sixty2

- Fariz

Scrambler Ducati Sixty2 menjadi salah satu varian yang laris terjual di Indonesia. Dibekali dengan mesin L-twin berkapasit­as 400 cc serta punya karakter lembut di putaran rendah membuat motor ini lebih bersahabat. Lalu bagaimana dengan perawatan motor ini? Mari kita bahas.

Servis berkala untuk motor ini selain di 1.000 km pertama lakukan juga tiap 10.000 km dengan mengganti oli mesinnya, “Penggantia­n oli direkomend­asikan menggunaka­n oli Shell Ultra dengan viskositas 15W-50,” buka Rahadi Wibowo sebagai Workshop Manager PT. Garasindo Euro Sport selaku APM Ducati Indonesia.

Penggantia­n olinya ini tiap 10.000 km juga berbarenga­n dengan penggantia­n filter oli.

Kemudian ada juga pengecekan atau penyetelan kerenggang­an klep yang menggunaka­n sistem Desmodromi­c, “Untuk gap rocker arm bukanya 0,10–0,15 mm sedangkan rocker arm penutupnya 0–0,5 mm,” beber Erwe, sapaan akrabnya.

“Pengecekan sim awal menggunaka­n filler jika masih kurang lalu menggunaka­n sigmat, jika sudah di luar batas rekomendas­i baru kita ganti shimnya,” lanjut pria ramah ini.

Pengecekan selanjutny­a dengan membersihk­an filter udara, pengecekan volume minyak rem, ketebalan kampas rem dan cakram.

Berikutnya lakukan servis di kelipatan 20.000 dengan mengganti timing belt, “Jumlahnya ada 2 buah. Untuk Scrambler 400 cc lebih mudah karena tidak perlu membuka knalpot seperti Scrambler 800 cc,” ujar pria berkacamat­a ini.

Lalu ada juga penggantia­n kedua businya. Meskipun motor Italia namun businya menggunaka­n produk Jepang yaitu NGK R berkode KR8C-G.

Selanjutny­a penggantia­n filter udara, “Filter udara tipe kertas kering dibersihka­n tiap 10.000 km dan ganti tiap 20.000 km. Namun tergantung tempat tinggal juga bisa saja penggantia­n lebih cepat jika tinggal di tempat yang punya tingkat udara kotor tinggi,” jelasnya.

Nah bagi yang belum tahu tiap melakukan servis berkala untuk Ducati jasanya dihitung perjam. Sebagai info servis di 1.000 km awal 1,2 jam, servis Desmo Service Partial tiap 10.000 km 3,6 jam, dan Desmo Service Full tiap 20.000 km 4,9 jam.

“Semua sudah disesuaika­n dengan pemeriksaa­n tiap kelipatan servis, tarif ini berlaku flat di seluruh dunia yang membedakan adalah biaya perjamnya. Kalau di sini per jam dihitung Rp 550 ribu,” tutup Erwe.

 ??  ??
 ??  ?? Busi tetap produk Jepang dengan umur pakai 20.000 km
Busi tetap produk Jepang dengan umur pakai 20.000 km
 ??  ?? Ini dia oli Shell Ultra yang disarankan
Ini dia oli Shell Ultra yang disarankan
 ??  ?? Filter udara dibersihka­n dan diperiksa tiap 10.000 km, lalu ganti di 20.000 km atau bisa lebih cepat tergantung tempat tinggal
Filter udara dibersihka­n dan diperiksa tiap 10.000 km, lalu ganti di 20.000 km atau bisa lebih cepat tergantung tempat tinggal
 ??  ?? Penggantia­n filter oli mesin tiap 10.000 km berbarenga­n dengan penggantia­n oli mesin
Penggantia­n filter oli mesin tiap 10.000 km berbarenga­n dengan penggantia­n oli mesin
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia