Otomotif

Chip tuning

-

Untuk rechipping, tuner seperti Revo, Unitronic atau mcchip-dkr menyediaka­n pilihan lengkap mengenai opsi chip tuning. Mulai dari stage I hingga IV. Kenaikan tenaganya pun bisa disesuaika­n dengan karakter dan keinginan pemilik.

Seperti pada VW Golf TSI atau Scirocco TSI, tenaganya mampu menyaingin versi Gti-nya, dengan melonjak dari standarnya diangka 160 dk menjadi 220-an dk, hanya dengan rechipping dari Revo.

”Kenaikan tenaga tersebut hanya dengan melakukan rechipping dan telah disesuaika­n dengan rate oktan di Indonesia dan telah teruji di dynotest,” ujar Dalvin Elika selaku dealer Revo di Jakarta.

Aplikasi rechipping sendiri, bisa dengan via saluran OBD atau dengan membongkar ECU. ”Semuanya tergantung tipe mobil dan stage rechipping- nya. Jika lebih advance bisa dengan membongkar ECU, dan tak ada masalah dengan garansi kok,” yakin Dalvin Kartawidja­ja dari CK Motorsport, selaku pemegang merek chip tuning asal Jerman, mcchip-dkr, yang juga menyediaka­n pake chip tuning untuk MINI Cooper S, BMW M3 hingga Audi TT RS.

Untuk varian Golf atau Scirocco Gti-nya, kenaikan tenaga pun dapat melonjak brutal hingga pada kisaran 360-an dk lewat chip tuning stage III. Namun untuk rechipping

Performanc­e juga memiliki paket chip tuning mulai dari stage 1 hingga 2.

Harganya sendiri mulai dari 2175 Euro, atau kalau dikalkulas­ikan ke dalam Rupiah, mencapai Rp 32 jutaan dengan kurs Rupiah Rp 13.000. Kenaikan tenaga yang bisa dihasilkan mencapai kurang lebih 60 dk.

Sementara untuk remapping, diandalkan oleh tuner Eurosport, yang memiliki paket stage lengkap layaknya chip tuning pada umumnya. Namun, layaknya remapping, memerlukan pemindahan data mesin standar, dengan data yang telah diupgrade oleh Eurosport.

Opsi remapping ini tersedia untuk VW Golf dan Scirocco TSI dan GTI dan Audi TT. Opsi paket chip tuning baik remapping atau rechipping, memiliki harga mulai dari Rp 9 jutaan hingga 18 juta. Waktu yang dibutuhkan untuk rechipping pun hanya berkisar antara 1-3 jam saja.

 ??  ?? stage II ke atas, harus dibarengi dengan penggantia­n hardware seperti turbo dan intercoole­r yang sesuai dengan kenaikan tenaga yang diiginkan. Namun untuk stage II, ubahan pada hardware hanya menyentuh pada downpipe, intercoole­r dan intake- nya...
stage II ke atas, harus dibarengi dengan penggantia­n hardware seperti turbo dan intercoole­r yang sesuai dengan kenaikan tenaga yang diiginkan. Namun untuk stage II, ubahan pada hardware hanya menyentuh pada downpipe, intercoole­r dan intake- nya...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia