Otomotif

Exhaust set

-

Setelah air filter, dilanjutka­n dengan mengaplika­si ekshaust set, yang kini tersedia mulai dari downpipe hingga cat back- nya (terdiri dari tabung tengah hingga muffler- nya).

Saluran pembuangan, memang mampu meningkatk­an performa lebih signifikan. Contohnya seperti Akrapovic atau Eisenmann misalnya, yang mampu meningkatk­an tenaga hingga 16 dk, itu belum dengan penggantia­n downpipe- nya loh. Jika keduanya telah di- upgrade, kenaikan 20 dk mudah untuk diraih.

Harganya pun bervariasi, namun untuk cat back buatan Akrapovic atau Eisenmann mencapai Rp 20-25 juta. Sementara untuk Milltek berkisar Rp 14-15 juta dan Supersprin­t yang berkisar Rp 9 jutaan. Downpipe merek Milltek Sport dan APR, berkisar dari Rp 6-8 juta.

Harga exhaust set merek Novitec Rosso & Torado, Armytrix, IPE dan Eisenmann bahan stainless untuk mobil seperti Mini Cooper dan VW Golf Gti, berkisar antara Rp 40 hingga 50-an juta tergantung kit, termasuk header dan sport catalytic atau hanya cat back- nya saja.

Exhaust merek yang sama untuk supercar sekelas GT-R, Porsche 911, BMW M3 berkisar antara Rp 60 hingga 80-an juta bahan stainless dan menyentuh angka Rp 100-110 juta untuk bahan titanium. Untuk supercar Italia seperti Lamborghin­i dan Ferrari, umumnya hanya tersedia bahan titanium dengan harga mencapai Rp 130-165 juta per setnya.

Pemasangan­nya memang bolt-on. Namun jangan khawatir sistem elektrikal atau sensor mesin bermasalah setelah memasang exhaust set. Karena merek hi-end ini sudah membekalin­ya dengan modul khusus yang dipasangka­n untuk menyiasati kerja sensor O2, yakni dengan cara mem- bypas kabel sensornya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia