Otomotif

kawasaki ninja R Brebet Mobil Motor

- konsultasi.r2@gmail.com konsultasi.r4@gmail.com

Pagi Pak Aant, keluhan saya begini pak, saya punya motor Ninja R 2012, setiap kali saya pakai jalan dan saya tarik sampai 7.500 rpm, selalu ngebrebet, tetapi setelah itu baru lancar tidak ada ngebrebet. Tenaganya pun seperti ada yang tertahan. Kira-kira kenapa ya itu pak, apakah pengaruh dari kotornya blok, head atau Super KIPS-NYA. Kalau mau ditingkatk­an performany­a lagi kira-kira yang dibutuhkan apa aja ya pak?

Mohon jawabannya dan penceraaha­nnya. Terima kasih. Rafliali Muhammad Yusuf Jl. Pondol Rumput, Kec. Tanah Sareal, Bogor

Selamat pagi juga Kang Rafli, begini jawaban saya tentang Kawasaki Ninja R yang brebet pada 7.500 rpm. Sebelum ke bagian yang susah dan ongkos kerjanya mahal, ada baiknya pemeriksa dulu dari yang termudah dan termurah. Mulai dari memeriksa kondisi busi, setel celahnya sesuai standar dan ganti jika usia pakai sudah lebih dari 8.000 km. Lalu periksa juga kondisi karburator, mungkin setelan angin kurang pas atau spuyernya kotor. Tentu termasuk cek kondisi filter udara, bersihkan atau ganti jika busa mulai rusak.

Jika kondisi masih sama, pemeriksaa­n lanjut ke bagian mesin. Brebet pada kisaran 7.500 rpm, merupakan fase pembukaan Super KIPS, lubang buang pindah dari yang rendah ke tinggi. Dalam kondisi normal mestinya tidak brebet ya, ada tapi sedikit.

Jika brebetnya parah, bisa dicurigai memang benar pembukaan Super KIPS tidak lancar atau salurannya penuh kotoran, ini merupakan kasus yang biasa terjadi di Ninja, mengingat dengan kerja secara mekanis, bisa saja terhambat oleh kotoran dari kerak sisa pembakaran. Jadi sebaiknya dibongkar untuk dibersihka­n.

Agar maksimal, sekalian saja silinder dibongkar untuk dibersihka­n saluran masuk dan buangnya, karena tumpukan kotoran akan menghambat transfer udara dan bensin ke ruang bakar. Jika bersih, tentu tenaga jadi lebih maksimal.

Bagaimana jika mau meningkatk­an performa mesin? Di Ninja 2-tak tergolong mudah dan murah dengan hasil yang sangat signifikan. Paling mudah dengan ganti knalpot aftermarke­t, yang punya hambatan di perutnya lebih plong, mereknya banyak seperti Ahau, AHM, CLD, SKR dan lainnya. Penggantia­n knalpot ini wajib diiringi seting ulang ukuran spuyer karburator, dijamin tenaga naik lebih dari 2 dk!

Masih kurang puas? Oprek bagian port di blok, mulai dari menghalusk­an lubang transfer, bilas sampai menaikkan lubang buang. Jika diiringi dengan setingan yang maksimal, kenaikan tenaga akan sangat signifikan. Dijamin tenaga di roda bisa lebih dari 30 dk!

Kuncinya tentu mesti pintar memilih bengkel, serahkan ke yang sudah biasa ngoprek Ninja 150. Demikian jawaban saya, semoga bisa membantu memecahkan masalahnya.

CARA RAWAT Rantai

Salam bikers, gimana sehat and happy kan bro? Kemarin si hokki alias motor ogut masuk bengkel guna perawatan rutin, nah usut punya usut rantainya mesti ganti katanya. Ogut mau nanya masbro seputar perawatan rantai secara baik dan benar itu yang gimana? Biar makin cling ogut punya ilmu hehe..

Ok masbro yang ganteng sekian dulu deh. Ogut tunggu pisan ya jawabannya. Salam bikers OTOMOTIF mania. Olih S Jl. Mohamad Toha, Kec. Astanaanya­r Bandung 40243

Salam bikers juga Kang Olih, saya tentu saja sehat dan happy, semoga Anda juga demikian.

Bicara perawatan rantai yang benar sebenarnya mudah. Pertama mesti rajin melumasi, minimal seminggu sekali untuk musim hujan karena lebih sering kena air. Melumasiny­a bisa pakai chain lube atau oli baru, jangan oli bekas ya!

Kemudian beberapa bulan sekali, jika kondisi rantai terlalu kotor, ada baiknya dilepas kemudian dicuci pakai sabun cuci. Setelah bersih pasang lagi dan dikasih pelumas. Mengapa perlu dicuci? Jika kotoran menempel, maka akan semakin memudahkan rantai aus, karena menambah gesekan dengan gir.

Kemudian soal penyetelan juga wajib dipantau. Jangan sampai terlalu kendor apalagi terlalu kencang, tentu akan membuat keausan rantai lebih cepat. Kisaran normalnya rantai punya jarak bebas sekitar 30 mm.

Oiya penyetelan yang benar sebaiknya disesuaika­n dengan beban. Caranya pertama cari titik rantai terkencang, tentu dengan diputar dalam posisi pakai standar tengah. Kemudian lipat standar tengah dan dinaiki. Nah setel deh, maka dengan cara ini kondisi rantai tak akan terlalu kencang atau kendur, karena telah disesuaika­n dengan bebannya.

Terakhir yang harus diperhatik­an adalah saat penggantia­n. Jika rantai aus, maka gantinya harus satu set dengan gir, demikian sebaliknya. Tujuannya agar keausan kedua komponen ini berlangsun­g secara bersamaan, sehingga hasilnya lebih awet.

 ??  ??
 ??  ?? Asuhan Aant
Asuhan Aant
 ??  ?? Asuhan Rio
Asuhan Rio
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia