Otomotif

Fitur & Teknologi

-

Fitur XMAX sudah dibahas lengkap di edisi 04:XXVII, tapi biar enggak lupa kita ulas yang jadi andalan utamanya. Pertama lampu-lampu sudah LED kecuali sein. Berikutnya pakai smart key system, yang juga ada dan answer back system.

Fitur keselamata­n ada Traction Control System (TCS) dan ABS, jadi saat akselerasi lebih aman karena roda belakang tidak akan slip, begitu juga ketika pengereman. TCS ini bisa dimatikan, caranya tekan beberapa detik tombol Info/trip di setang kanan. Siapa tahu mau burn out kan?

Melihat spidometer­nya, info yang disajikan memang lengkap banget. Namun yang paling menarik tentu ada info TCS on atau off, suhu udara, konsumsi bensin dan tak lupa ada trip v-belt, trip oil, trip time dan tegangan aki.

Jika bicara akomodasi, XMAX ini termasuk yang paling lega. Bagasi di bawah joknya bisa muat 2 helm full face dan berbagai barang lain. Belum lagi ada 2 konsol di bawah setang, dan yang kiri berisi power outlet 12 volt, makanya ada kuncinya agar smartphone enggak mudah dicuri atau jatuh, sedang yang kanan tanpa kunci.

Guna menunjang kenyamanan, XMAX dibekali windshield yang bisa diatur rendah atau tinggi kendati masih manual. Pada motor milik Layz Motor ini sudah diseting tinggi, sehingga angin tidak mengenai kepala, cuma ternyata untuk rider 173 cm terasa tanggung, karena pas lurus pandangan mata kena tepat di lekukan.

Kenyamanan ditunjang juga dengan suspensi depan model motor sport yang panjang berdiamete­r 37 mm, sedang belakang suspensi ganda dengan setelan pre-load. Dibekali juga dengan ban lebar, depan 120/70-15 dan belakang 140/70-14.

Mesinnya berkonsep Blue Core pakai one piece forged crankshaft dan semi-dry sump. Kapasitas 250 cc, SOHC 4 klep injeksi berpending­in cairan. Radiatorny­a terletak tepat di belakang ban depan, untuk membuang udara panas ada salauran untuk mengarahka­n ke bawah motor.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia