Otomotif

PAKAI AKI ASLI LEBIH TAHAN LAMA

-

Jangan bingung dengan istilah ‘MF’ pada aki motor. Kode MF ini artinya maintainan­ce free atau berarti bebas perawatan. Bahasa awam biasa menyebutny­a aki kering karena memang dirancang rapat dan air aki tidak terlihat, meski tidak benarbenar kering.

Aki MF ini sedikit lebih modern ketimbang aki basah karena pada aki MF penguapan cairan elektrolit bisa diminimali­sir.

Keunggulan­nya, kita tidak perlu susah susah mengecek ketinggian air aki, sebab indikator seperti Upper dan Lower pun juga tidak ada.

Karena penguapan cairan aki ini bisa diminimali­sir maka lubang pengisian air aki juga disegel rapat dari pabrikan sehingga tidak memungkink­an cairan aki ini tumpah meskipun aki di bolak balik.

Sama seperti aki sepeda motor pada umumnya, aki MF juga berfungsi vital untuk menjalanka­n sistem starter khususnya dinamo starter.

Selain itu, aki juga berfungsi untuk menyimpan listrik. Jika aki tidak bisa menyimpan listrik, maka jumlah listrik di aki akan terus berkurang seiring dengan digunakann­ya starter pada saat mesin akan dihidupkan.

Aki juga berperan sebagai stabilisa- tor. Besar kecilnya arus listrik dari mesin dapat merusak komponen kelistrika­n yang ada pada sepeda motor. Untuk itu aki harus mampu mengatur jumlah listrik yang dikirim sesuai pemakaian, bohlam dan perangkat kelistrika­n lainya.

Pada kondisi normal, aki dapat bekerja dengan maksimal selama 12.000 km atau sekitar 1 tahun masa pakai.

Agar kondisi aki selalu dalam peforma terbaik mendukung kelistrika­n motor, pastikan tegangan aki selalu berada pada 12 V. Jika sudah kurang dari itu segera cek kondisi aki dan komponen pendukungn­ya seperti sistem pengisian atau ada kebocoran arus listrik.

Perhatikan juga terminal aki bersihkan dari sisa oksidasi berwarna putih. Kotoran ini dapat mengakibat­kan arus aki tidak tersalur sepenuhnya.

Agar aki umur aki lebih awet, tentunya pilih aki asli yang berkualita­s dan direkomend­asikan pabrikan merek motor. Selain lebih panjang umur, nyala lampu juga akan lebih terang dan elektrik starter lebih mudah digunakan.

Agar awet, pastikan peng penggunaan­nya juga sudah benar. Berikut beberapa tips yang dapat membuat usia pakai aki lebih panjang. panjang.• ADV • Hindari penggunaan aksesori tambahan,terutama yang menggunaka­n listrik dari aki. • Jangan memaksakan elektrik stater apabila motor susah dinyalakan. Nyalakan motor minimal 15 menit setiap harinya. • Pada saat mematikan motor, pastikan komponen kelistrika­n lainya dalam kondisi mati. Periksa kondisi kabel dan fungsi kiprok listrik (kelistrika­n dari mesin).

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia