Otomotif

sikat Habis PODIUM satu

Bangga bisa mendengar Indonesia Raya di kancah Internasio­nal saat pekan Pancasila

-

Gerry Salim, pembalap Astra Honda Racing Team menyabet dua podium tertinggi pada ajang Asia Road Racing Championsh­ip (ARRC) putaran 3 di sirkuit Suzuka, Jepang (3-4/6). Ini sekaligus ‘kado’ dari atlet tanah air memperinga­ti hari Kelahiran Pancasila setiap 1 Juni. Indonesia Raya berkumanda­ng dua kali di ajang tersebut di kelas Asia Production 250 (AP250).

Atas undangan PT. Astra Honda Motor (AHM), OTOMOTIF mendapatka­n kesempatan meliput langsung ARRC tersebut.

Dengan hasil ini, pembalap yang menggunaka­n nomor 31 tersebut sudah mengoleksi 5 kemenangan dari 6 balapan yang digelar di 3 putaran.

“Senang sudah bisa menang di Thailand dan Jepang, sebab kedua negara ini kan pusatnya rider-rider andal Asia. Sekarang tinggal di Indonesia, India, dan Thailand lagi. Saya jadi makin optimis jadi juara Asia,” ucap GS31, julukan pembalap yang meraih OTOMOTIF Award 2017 kategori Rider of The Year tersebut.

Menariknya, Gerry tidak melakukan selebrasi sampanye. Padahal itu perayaan tersebut kerap dilakukan oleh para pembalap yang berhasil meraih podium satu.

Bisa meraih hasil yang tertinggi tersebut, tentu bukanlah hal yang mudah. Di tengah persaingan seluruh peserta dan keterbatas­an regulasi, tentu butuh strategi tim.

Musyawarah untuk mufakat, seperti yang tertuang dalam sila empat Pancasila, hal ini dijalankan. Contohnya untuk menentukan setting motor, maka harus dibicaraka­n. Pembalap memberi masukan dan setting yang diinginkan, tapi dalam hal tersebut juga tidak bisa memaksakan kehendak, karena tim mekanik jauh lebih paham mengenai mesin dibanding pembalap. Kalau memaksakan, maka bisa saja mesin juga mengalami masalah.

“Sulitnya balapan di Suzuka kali ini anginnya kencang sejak sesi kualifikas­i. Makanya tim membuat suspensi jadi lebih empuk, supaya saat cornering lebih mudah walaupun ada terpaan angin,” papar Gerry selepas sesi kualifikas­i dan menorehkan waktu tercepat.

Strategi itu masih diterapkan oleh AHRT saat lomba. Sebab, ketika berjalanny­a lomba, kondisi tidak terlalu jauh berbeda dengan saat kualifikas­i.

Terbukti, pembalap asal Surabaya, Jatim ini selalu bersaing di tiga besar. Bahkan, gempuran dua pembalap tuan rumah, Tomoyashi Koyama dan Takehiro Yamamoto tak mampu membendung­nya.

Dengan kemenangan ganda yang diraih Gerry Salim di pekan Pancasila, AHM pun turut bangga. “Gerry kembali mencetak sejarah membanggak­an untuk kita semua, tapi perjuangan ini belum berakhir. Kami berkomitme­n untuk terus mengantark­an para pembalap Indonesia mencetak prestasi lebih besar,” kata Thomas Wijaya selaku Direktur Marketing AHM.

Seri empat ARRC akan digelar di Indonesia, tepatnya di sirkuit Sentul pertengaha­n Agustus mendatang. Jika menilik hasil tahun lalu, Gerry yang berjuluk ‘Bonex Boy’ ini juga meraih kemenangan ganda di Sentul, bukan tidak mungkin ia bisa kembali menambah daftar panjang kemenangan­nya di kelas AP250 tahun ini. •

 ??  ?? ahm
ahm
 ??  ?? Meraih 5 kemenangan, Gerry makin optimis bisa jadi juara Asia
Meraih 5 kemenangan, Gerry makin optimis bisa jadi juara Asia
 ??  ?? Thomas Wijaya senang dengan hasil yang diraih pembalap AHRT
Thomas Wijaya senang dengan hasil yang diraih pembalap AHRT

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia