Otomotif

BIAYA TERGANTUNG MOTOR

-

Tarif jasa pengiriman barang biasanya dibedakan berdasar berat, jarak pengiriman dan waktu pengiriman. Umumnya mematok berat minimal, selain itu ada tambahan biaya perkilogra­m.

“Untuk tarif yang ditawarkan di Kalog cukup bervariasi. Tergantung jenis motor dan kota tujuan. Untuk pengiriman dari Jakarta, Kalog mematok tarif kiriman motor bebek dari harga Rp 300.000, untuk motor ‘laki’ Rp 350.000, motor sport Rp 420.000 dan moge Rp 690.000. Tarif tersebut belum termasuk dengan biaya packing sebesar Rp 50.000 – Rp 100.000,” katanya.

Sementara PT Tiki Indonesia melayani dengan beberapa pilihan untuk jasa pengiriman motor seluruh nusantara. Mulai dari Same Day Service (sampai dalam hari yang sama saat mengirimka­n), Over Night Service (dalam satu malam), Regular Service (biasanya 2 sampai 3 hari), serta Holiday Service (pengiriman pada hari libur).

Untuk tarif, Tiki tergantung kota tujuan. Misalnya, pemudik ingin mengirimka­n motor ke kota Makassar dengan pilihan Reguler Service untuk unit motor matic-nya. Maka konsumen harus merogoh kocek sebesar Rp 4.550.000 dan belum termasuk dalam asuransiny­a.

Hal serupa dilakukan juga oleh PT Pos Indonesia. Tarifnya terbilang paling murah dan bisa menjangkau berbagai pelosok. Dari Bekasi sampai Amuntai di pedalaman Kalimantan Timur atau Merauke di ujung timur Papua.

“Untuk biaya, tergantung dari jenis motor dan alamat tujuan, karena tidak semua motor sama. Kalau sudah mau kirim tentu dari pihak pos akan tentukan harganya,” kata Daniel Uneputty selaku Wakil kepala Kantor pos Indonesia di Jl Lapangan Multiguna No.7 Bekasi.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia