Otomotif

MULAI PERMAINAN BAUT SAMPAI JEPIT

Untuk pasang center dop di pelek kaleng ternyata perlu trik tersendiri

-

Seperti sudah dibahas pada dua edisi OTOMOTIF terdahulu kalau dengan pelek kaleng juga tampil keren. Harus punya trik khusus supaya pelek yang sudah sejak lama dapat cap ‘murah’ ini tampil berkelas. Triknya, “Pasang center dop di peleknya,” ujar Ega Acil yang banyak menjual center dop ini. Berbeda dengan dop yang kerap dipasang di pelek standar, ini hanya terpasang di bagian tengah pelek saja.

BANYAK TRIK

Sejatinya center dop ini merupakaan bawaan beberapa mobil, baik lawas maupun yang keluaran baru. Seperti generasi VW ‘kodok’ atau Toyota Corolla produksi ‘70-an awal sampai mobil baru seperti Jeep Wrangler JK Sport atau VW Transporte­r (disini dikenal Caravelle-red) ada tipe yang masih menggunaka­n pelek kaleng dengan center dop.

Namun sekarang center dop bisa dipasang pada hampir semua pelek kaleng yang ada. Karena sudah ada yang menjual versi custom. Seperti yang dijual Ega, “Bisa disesuaika­n dengan PCD peleknya, jadi baut roda tetap terlihat. Kesan murahan pelek kaleng pun jadi hilang,” ujarnya.

Namun untuk memasang nya ini tidaklah mudah, butuh trik tersendiri. ”Agak ribet sedikit memang, jadi bagian tengah pelek kaleng harus dibor dulu, kemudian center dop ini dibaut dari belakang pelek. Setelah itu baru pelek pasang ke mobil,” jelas Ega lagi.

Berbeda dengan pemilik toko online Garasi Shop tersebut, Adam Rizal juga punya trik sendiri yang memasang center dop VW Caravelle di pelek Toyota Limo miliknya. “Center dop VW Caravelle beda PCD dengan pelek Limo, jadi saya modifikasi pakai plat dari baut roda ke pegangan center dopnya, lalu tambahin sealant biar kuat,” jelasnya. Hasilnya oke juga!

Sedangkan untuk center dop orisinal bawaan Jeep Wrangler generasi YJ atau TJ, pemasangan­nya tidak terlalu rumit. “Center dop Dijepit dengan baut roda, pasti aman,” ujar Javier, pemilik Toyota Kijang Super yang pakai pelek mitsubishi L300 dengan dop Jeep Wrangler ini.

Sementara Andre di Toyota Corolla Liftback-nya pakai center dop orisinal Toyota yang pemasangan­nya juga lebih simple. “Karena ada ‘kuku’nya, begitu masuk di tengah pelek langsung terpasang denagn kencang,” ulasnya.

Untuk harga, yang custom dijual mulai Rp 500 ribuan, sedangkan orisinal bisa mencapai jutaan rupiah tergantung model dan bawaan mobil apa.

Anda pilih yang mana? • Kyn

 ?? foto:kyn ??
foto:kyn
 ??  ?? Untuk yang versi custom, pemasangan­nya menggunaka­n baut dari belakang pelek
Untuk yang versi custom, pemasangan­nya menggunaka­n baut dari belakang pelek
 ??  ?? Center dop orisinal pemasangan­nya lebih mudah dan lebih kuat
Center dop orisinal pemasangan­nya lebih mudah dan lebih kuat
 ??  ?? Ragam pilihan center dop custom buatan Ega
Ragam pilihan center dop custom buatan Ega
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia