Otomotif

CEK FILTER SOLAR

-

Jika anda memiliki mobil bermesin diesel modern, dan sempat mengisi solar berkualita­s rendah karena langkanya solar berkualita­s tinggi di daerah, buruan deh periksa komponen yang satu ini.

Misal di Mitsubishi Pajero Sport, Toyota All New Kijang Innova dan All Ne Fortuner diesel, Chevrolet Captiva dan sebagainya. “Sejatinya mobil diesel macam Pajero Sport, direkomend­asikan mengkonsum­si Pertamina DEX. Memang sih, mesinnya masih tahan diisi dengan solar biasa. Namun ada konsekuens­i yang harus ditanggung. Lama-lama membuat ruang bakar dan saluran bahan bakar jadi cepat kotor,” saran Andi, service advisor beres Mitsubishi Bintaro, Jakarta Selatan.

Sebab, lanjutnya, solar dengan kualintas rendah, umumnya mempunyai tingkat kandungan sulfur lebih tinggi. Sehingga berisiko membuat ruang bakar cepat berkerak, juga saluran bahan bakar hingga filternya cepat kotor. “Kalau bisa lakukan pembersiha­n pada ruang bakar dan ganti filter solarnya. Apalagi bila filter solar sudah lama belum diganti,” tambah Andi.

Sama halnya dengan mobil diesel dari brand Toyota, macam All New Kijang Innova dan All New Fortuner. Kedua mobil ini memang juga masih toleran terhadap solar biasa. “Karena pada mesin Kijang Innova dan Fortuner diesel, sudah memiliki sistem penyaring bahan bakar. Jadi, sistem ini bisa menyaring solar yang jelek dengan sendirinya,” ujar Sartono, technical leading Auto 2000 Bintaro.

Namun, meskipun bisa menyaring solar berkualita­s buruk dengan sendirinya, “tetap disarankan untuk dilakukan pembersiha­n di filter solar dan ruang bakar. Bila kedua bagian itu terlihat kotor. Kalau sudah bersih, disarankan untuk kembali mengkonsum­si solar berkualita­s tinggi macam Peramina DEX atau Shell Diesel,” kata Sartono lagi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia