Otomotif

INGIN JADI YANG PERTAMA DI ACEH

-

Dari acara IAM Mbtech Medan yang lalu, ada satu-satunya All New Civic Turbo yang secara eksterior tampil menawan. Tidak begitu ekstrem sih, tapi enak dilihat dan dinikmati.

Ternyata mobil ini datang jauhjauh dari Aceh loh. Nama pemiliknya Reza Enol. Menurutnya, “Belum ada Civic turbo yang dimodifika­si di Aceh. Makanya, saya ingin jadi yang pertama,” terangnya. • Rendy

Ubahan awalnya memang konsentras­i di eksterior, “Audio sudah disiapkan konsep kosmetikny­a, lagi dalam proses,” jelasnya lagi.

Sektor eksterior, paling kentara adalah aplikasi body kit di sekeliling bodi. Berbahan plastik, body kit berlabel Attivus asal Thailand ini, ia datangkan dari Jakarta.

Selain pemasangan body kit Attivus, beberapa aksesori juga sematkan untuk memperbaru­i bagian perwajahan. Seperti penggantia­n grill pakai keluaran Mugen Si. Begitu juga dengan penambahan DRL LED di bagian fog lamp serta LED di bagian reflektor belakang. Di sector ini Reza Enol juga tak main-main. Ia pilih sepatu cantik bergaya sporty elegan dengan dimensi 20 inci. “Ukuran 20 inci, sepertinya sudah paling pas dengan bentuk Civic yang besar ini,” kata Reza yang memilih model Advan Revolution berukuran 20x(9,5+10) inci ini. Penunjang penampilan sekaligus upgrade kaki-kaki, ketua komunitas mobil Indra Jaya Mobil ini mengganti bawaan pabrik dengan satu set coilover BC asal Taiwan, “Supaya kalau mau bikin ceper atau tinggi, tidak usah gonta ganti per lagi,” kekeh Reza. Sektor mesin dan interior belum diutak-atik lantaran sudah puas dengan performany­a. “Kalau audionya sedang dikerjakan, saat ini lagi bikin boks audio sekaligus kosmetikny­a,” katanya lagi.

Kelihatan sporty elegan berkat body kit dan tambahan lampu

di IIMS Seperti yang pernah diulas saat launchingn­ya yang mirip 2017 lalu, All New CR-V Turbo ini dibekali mesin ada beberapa dengan saudaranya, yakni Civic Turbo. Namun pakai yang perbedaan komponen, seperti turbonya sendiri fin.selain itu, 9 fin,sementara pada Civic Turbo pakai 11 R. pistonnya menggunaka­n kepunyaan Civic Type bahan Nah, efek dari pemakaian turbo serta sistem CR-V ini,mampu bakar direct injecton pada mesin 1.500 cc Terbukti meningkatk­an performa yang cukup signifikan. L (2.400 cc) power dan torsinya bisa menyamai mesin 2.4 Yakni mampu yang dipakai di CR-V generasi sebelumnya. dk) dan torsi memuntahka­n tenaga sebesar 190 PS (187,4 2.400 cc CR-V 240 Nm. Tenaga segitu sama dengan mesin unggul CR-V generasi sebelumnya. Namun torsi masih lebih 1.5 L Turbo. yang Tak heran ketika diajak mendaki di tanjakan Gunung Bromo, terbilang curam di kawasan menuju puncak Meski akselerasi CR-V terbaru ini tak terasa kepayahan. Earth mengusung transmisi CVT 7 percepatan dengan pelan, Dream Technology. Bahkan ketika dijajal berjalan entakan torsi cukup kuat terasa. di Nah, kebetulan rombongan juga diajak masuk terkenal kawasan padang pasir Gunung Bromo yang para jurnalis itu. Tentu kesempatan itu tak disia-siakan dan kinerja untuk mengeksplo­rasi kemampuan akelerasi hingga kaki-kaki CR-V terbaru ini. Mulai dari uji slalom jalan yang agak ngegas di trek lurus berpasir dengan kontur bergelomba­ng dan banyak dihiasi lubang-lubang. roda Hemmm… rupanya tarikan SUV dengan lingkar di putaran 18” ini terasa makin kuat ketika gas dibejek bekerja di atas 2.000 rpm ke atas.“itu karena turbonya baru Wuzzz… putaran 2.000 rpm,” jelas Jonfis. Oww, pantess.. di kawasan Sayangnya, ketika dijajal di medan off-road antara padang pasir Bromo, saat melintas di pertemuan SUV 7 seater jalan aspal dengan tanah yang agak menanjak, kontur jalan terbaru Honda ini agak susah buat mendaki kan hanya tersebut. Maklum, sistem penggerak rodanya menghadapi di depan (FWD). Jadi, perlu trik khusus untuk kontur jalan seperti itu.

 ??  ?? Penampilan oke, untuk harian juga masih bisa
Penampilan oke, untuk harian juga masih bisa
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia