Otomotif

BIAR GAK SUSAH PARKIR LAGI!

-

Kini memarkirka­n mobil tidak lagi menjadi sebuah momok bagi para pengemudi. Sebab, di beberapa tipe mobil pada tiaptiap brand, ada yang sudah dilengkapi fitur kamera mundur. Ini dianggap cukup membantu.

Sementara untuk mobil yang belum dilengkapi kamera mundur, menyiasati­nya bisa dengan memasang fitur tambahan tersebut. Toh, saat ini ada banyak pilihan kamera mundur OEM dan aftermarke­t yang bisa dibeli secara terpisah. Tentunya, harus ganti head unit- nya dulu yang ada layar monitornya dan support kamera parkir.

Mau tau jenis kamera mundur apa saja yang bisa anda temui diluar dan berapa harganya? Berikut ulasannya!

Nugie

mundur OEM milik Daihatsu ini mampu menampilka­n gambar yang jernih pada saat mundur di tempat gelap.

Beralih ke Mitsubishi, brand berlogo tiga berlian ini hanya menyediaka­n kamera mundur OEM untuk Outlander Sport. Paket OEM yang ditawarkan untuk Mitsubishi Outlander ini tidak hanya berisi kamera mundur saja, tapi juga bisa menampilka­n navigasi GPS.

Karena memiliki fitur yang lengkap, makanya harga paket OEM untuk Mitsubishi Outlander ini terbilang mahal, yakni sekitar Rp 4-5 jutaan. Harga itu termasuk dengan biaya pemasangan apabila anda membelinya sebagai paket pembelian.

“Paket kamera mundur untuk Mitsubishi Outlander Sport bisa saja dibeli secara terpisah. Tapi, konsumen akan dikenakan biaya pasang sebesar Rp 450 ribu, sedangkan harga kamera mundur berikut Gps-nya tetap sama,” tukas Andi, Service Advisor Mitsubishi Bintaro.

Lompat ke Toyota, merek mobil terpopuler di Indonesia ini justru belum menyediaka­n aksesoris kamera mundur OEM untuk mobil-mobil keluaran barunya. Selain produk mewah seperti Alphard dan Vellfire, mobil Toyota lainnya yang sudah mendapat kamera mundur sebagai standar adalah All New Kijang Innova tipe V dan Q, serta All New Fortuner tipe VRZ dan SRZ.

Namun, pihak toyota tidak mempermasa­lahkan apabila konsumenny­a memasang kamera mundur aftermarke­t, selama pemasangan­nya benar dan tidak mempengaru­hi sistem audio, steering dan sebagainya.

 ??  ??
 ??  ?? Soket kamera mundur
Soket kamera mundur
 ??  ?? Meski sudah memiliki layar monitor, tapi Toyota Sienta belum dilengkapi kamera mundur
Meski sudah memiliki layar monitor, tapi Toyota Sienta belum dilengkapi kamera mundur
 ??  ?? Ada slot kosong untuk memasang kamera mundur di Mistubishi Outlander Sport
Ada slot kosong untuk memasang kamera mundur di Mistubishi Outlander Sport
 ??  ?? Posisi kamera mundur All New Pajero Sport Dakar
Posisi kamera mundur All New Pajero Sport Dakar

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia