Otomotif

SUKSES RACIKAN KAKI-KAKI tutupi KEKALAHAN MESIN

- DAB

Bukan hal asing jika di Kejurnas Indonesia Touring Car Championsh­ip (ITCC) didominasi Honda Jazz dan Brio. Meskipun kalah secara power, bukan berarti para pengendara Brio loyo dan tidak mampu bersaing. Terlihat pada putaran tiga ITCC di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat (23/7) para pembalap Brio yang rata-rata di kelas 1200 cc kini kian sangar.

Seperti Muhammad Arief Hidayat (DE Most Racing Team) yang menjadi pemenang di kelas 1200. Baginya, Brio sudah menjadi bagian dari kehidupann­ya. “Mobil Brio sudah ganti 4 kali, ada yang dijual, ada juga yang diganti karena bosan hahaha,” seloroh Arief.

Seting kaki-kaki jadi kunciannya. Yogie, kepala mekanik DE Most Racing Team berkreasi sehingga Arief mampu bersaing dengan para pembalap yang ada di kategori 1.500.

Di kelas 1200, pembalap asal Jakarta ini sudah berada di puncak klasemen dan menjadi kandidat kuat meraih juara umum. “Targetnya harus juara umum tahun ini. Soalnya saya terus memecahkan rekor catatan waktu yang saya buat sendiri tahun lalu,” paparnya.

Sementara itu, Uki Ifwa dari tim Extra Joss Blend yang berlomba di kelas 1400 juga menyadari hal tersebut. Mengandalk­an mesin tak cukup untuk berjibaku lawan Jazz dan Toyota Yaris.

Meski berada di urutan 14 ketika finish, namun di kelasnya, ia menjadi pemenang. Sunny. TS yang menjadi manajer dan tim riset menceritak­an perkembang­annya. “Tahun lalu kan saya balapan di sini (Extra Joss Blend). Kalau Brio memang rahasianya ada di kaki-kaki. Kalau power sudah pasti kalah, makanya riset kita bagus bisa sampai ikutan di kelas 1400,” papar Sunny.

Pada kelas utama, 1600 Max kembali dimenangka­n Haridarma Manopo ( Toyota Team Indonesia) yang kembali mengandask­an persaingan rival utamanya, Alvin Bahar (Honda Racing Indonesia).

Bukan menang dengan mudah, sebab Alvin langsung memimpin selepas tikungan pertama dan butuh waktu 3 lap bagi Haridarma untuk berada di posisi terdepan. Podium ketiga diraih oleh rekan setim Haridarma, Alinka Hardianti dan juga meraih podium pertama kalinya karena seri ini ia baru naik ke kelas 1600 Max. •

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia