Otomotif

AWALI DARI KELAS promotion

-

Balap satu merek, Honda Jazz Speed Challenge (HSC) mempertand­ingkan beberapa kelas, master, rising star dan promotion. Kategori promotion dipersiapk­an bagi para peserta yang baru terjun balap. Meski demikian, persaingan cukup seru, seperti terlihat pada seri tiga di sirkuit Sentul (23/7).

Meskipun promotion dan tergolong ‘anak baru’ rata-rata yang berkompeti­si pernah ikut serta balapan di kejuaraan lain. Seperti Putra Rizky (Privateer) yang baru kali ini ikut serta di balap mobil. Biasanya ikut serta di balap motor dan speed off-road.

“Mobil ini baru siap balapan Kamis kemarin (20/7) dan langsung ikut latihan resmi hari Jumat. Dihibahkan dari Candra (pemilik tim HTJRT-red), asalkan dirawat dengan baik rela mobil balapnya dipakai saya,” kata Putra.

Selama balapan, ia tidak mengharapk­an banyak hal karena ini pengalaman pertamanya. Namun siapa sangka, podium ketiga di kelas promotion berhasil diraih. Podium ini pun menjadi ‘candu’ baginya untuk kembali berkompeti­si.

“Nanti di BSD GP Agustus depan harus ikut lagi nih. Tapi seperti hari ini, nothing to lose saja, jadi balapannya tanpa beban. Kalau dipikirkan harus menang dan podium malah jadi gak tenang balapannya,” sebutnya.

Memang jika terlalu dipikirkan dengan pencapaian podium atau target khusus akan membuat balapan tidak fokus, hasilnya racing line menjadi kacau. Ini terlihat di kategori rising star.

Tidak sedikit pembalap di kategori tersebut yang bersaing dengan pembalap profesiona­l selama 10 lap balapan berlangsun­g. “Sekarang kalau balapan tinggal pandai-pandai jaga posisi dan ingat lawan di kategori yang sama,” ucap Andika Rama dari Honda Bandung Center yang tahun ini naik kelas ke Rising Star

“Kalau di kategori kita (rising star), posisi kita sudah aman dan bagus jangan maksain makin ke depan, yah meski balapan dengan pembalap pro (master) juga seru. Yang terpenting kan podium dan bisa berprestas­i dulu,” tambah pemuda berkacamat­a ini.

Supaya lebih ‘matang’ dalam lomba sebaiknya berkompeti­si fair sesama kelas terlebih dahulu. Setelah itu baru naik dengan kompetisi terhadap kelas lainnya yang lebih tinggi. • DAB

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia