Otomotif

MESIN honda City Suka nyendat

-

Hai mas Andhika, mau nanya nih. Saya punya Honda City keluaran 2006. Belakangan ini kalau mesinnya sudah panas, jalannya suka nyendat ketika injak gas, seperti tekor bensin gitu. Terutama saat di tanjakan.

Namun anehnya, begitu busi diganti baru, gejala tersebut hilang. Tapi setelah mobil dipakai lama, kendala itu muncul lagi. Itu kenapa ya mas? Ada yang bilang, koilnya bermasalah, sehingga membuat busi cepat ‘kalah’. Apa betul? Mohon pencerahan­nya!

Frando, Manado – Sulawesi Utara

Hallo Frando. Wahh.. bisa jadi memang dari koilnya sob. Saya pernah mengalami hal serupa di Suzuki Baleno keluaran 1997. Bahkan sampai koilnya ikutan keok. Setelah diganti baru koil dan businya, kendala itu langsung hilang.

Soalnya, indikasiny­a busi cepat sekali bermasalah. Padahal diganti baru dan original. Tapi, untuk memastikan­nya sih coba kamu periksakan ke bengkel. Biasanya bila koil bermasalah, tahanan koilnya akan berubah dari spesifikas­i standar yang dianjurkan.

Sekalian periksa juga sistem bahan bakarnya. Bisa juga akibat suplai bahan bakar yang tersendat. Misalnya lubang injector atau throttle bodinya kotor karena sudah banyak ditumpuki kerak, dan sebagainya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia