Otomotif

SI BESAR YANG KHUSUS OFF-ROAD

-

Urusan test mobil atau motor, OTOMOTIF sih sudah biasa. Tapi kalau truk, jelas jadi hal yang terbilang baru. Apalagi truk yang dicoba merupakan heavy duty truck yang memiliki dimensi besar. Test yang dilakukan juga tentu bukan di area publik.

Tak hanya mencoba truk saja, kali ini OTOMOTIF juga mendapat pengalaman­an test truk tapi di jalur offroad. Karena truk Tata Prima 2528.K yang dikeluarka­n PT Tata Motors Distribusi Indonesia ( TMDI) memang punya kemampuan offroad. Top speed saja hanya 87 km/jam. Punya Gross Vehicle Weight (GVW) sebesar 25 ton dan tenaga maksimum 280 hp menjadi awal mobil ini diberikan nama 2528.K.

SAAT DIKENDARAI

Meski memiliki tenaga yang terbilang besar, mobil ini cukup ‘ramah’ saat dikendarai. OTOMOTIF menjajal langsung truk besar ini di arena offroad Sentul Selatan, Jabar (14/9). Saat masuk dan duduk, fitur Operator Seat Weight yang berada di kursi sopir dan penumpang menambah kenyamanan, sebab ada per yang bisa diatur di knop yang terletak di bawah kursi.

Mulai menyalakan mesin, dan gigi 1 untuk siap dikendarai. Model, lepas pedal koplingnya tidak perlahan seperti mobil biasa, tapi langsung dilepas saja. “Kalau langsung dilepas, juga bisa membantu kerja rem, kalau pedal kopling dilepas pelan malah membuat mobil meluncur dan susah dikendalik­an,” jelas Yanuar, Service Engineer TMDI.

Benar saja, meskipun berada di rpm rendah dan tidak menahan pedal kopling, mesin tidak lantas mati. Dibuat untuk medan tambang, kontur tanah yang ekstrem pasti menjadi ‘teman’ akrab bagi 2528.K, apalagi bebatuan yang juga tak sedikit berada di jalur tambang.

Ups, tak sengaja OTOMOTIF melindas batu besar yang berada di jalur uji coba dan ternyata hentakanny­a tidak begitu keras. Komponen kaki-kaki dan suspensi yang mumpuni mendukung teredamnya hentakan dari ban ke ruang kemudi.

Apalagi dengan sasis yang dilengkapi parabolic spring, V torque rod bogie, transmisi dari ZF yang efisien, offroad muffler, juga rem angin mambuat performa Prima 2528 semakin baik.

Saat mencoba lewat medan yang lebih terjal juga ternyata mudah. Ini berkat sistem penggerak 6x4. Tapi sebelumnya, harus diaktifkan dulu. Caranya, tekan tombol yang berada di dasbor, tepatnya di sebelah kiri stir hingga lampunya menyala, tanda 6x4 TATA Prima 2528.K ini sudah aktif.

Bahkan, dengan gigi 2 dan 3 saat melewati medan terjal mesin tidak meraung. Selepas medan terjal terlewat, gas pol kembali ke garis start yang mendaki di gigi 3 pun tidak masalah.

Bagaimana? Minat dengan heavy duty truck yang full karoseri dibanderol dengan harga Rp 992,5 juta on the road ini? • DAB

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia