Otomotif

TETAP AMAN MESKI BEKAS

-

Keberadaan mobil bekas, baik yang dijual langsung oleh pemilik, maupun showroom tetap menjadi incaran konsumen. Bagi yang tertarik membeli mobil bekas, berikut cara yang bisa ditempuh dalam memilih mobil bekas yang aman:

Dealer/penjual

Pilih dealer mobil terpercaya untuk menjaga agar tak terjadi penipuan. Minta bantuan teman tentang dealer yang terpercaya.

Sejarah/latar belakang

Tanyakan pada dealer/penjual tentang sejarah/latar belakang mobil dan perawatann­ya oleh pemilik terdahulu. Supaya mendapat gambaran mengenai kondisi mobil sebenarnya.

kondisi fisik

Periksa tiap sudut mobil, apakah ada yang rusak, tertabrak atau keropos. Cek juga mengenai ACnya, serta fitur lainnya. Kalau bekas tabrakan sebaiknya dihindari. Jangan lupa periksa kelengkapa­n standar lainnya, seperti audio dan lampu-lampu. Kalau sudah ganti, pastikan semuanya baik.

kelengkapa­n Dokumen

Pastikan semua surat-surat penting seperti STNK, BPKB, dan dokumen lainnya masih lengkap. Cek kesesuaian antara data tertulis dengan yang di mobil. Jangan sampai tidak sesuai, karena bisa jadi mobil curian.

test Drive

Ajukan sesi test drive pada penjual. Ajak juga penjual supaya bisa komunikasi tentang masalah yang ditemukan. Rasakan benar kondisi mobil saat berjalan. Bila terasa berat jangan dibeli. Lewati pula jalan yang kurang rata untuk mengetahui kondisi kaki-kaki.

asuransi

Jangan lupa juga tanyakan pada penjual mengenai asuransi pada mobil incaran tersebut. Jika sudah, maka asuransi bisa dialihkan kepemilika­nnya, namun harus ada persetujua­n secara tertulis dari pemilik sebelumnya untuk melanjutka­n pertanggun­gan dan harus diketahui oleh perusahaan asuransi bersangkut­an. Jika belum, segera asuransika­n mobil Anda karena hal ini penting untuk mencegah risiko negatif yang mungkin terjadi. • ADV

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia