Otomotif

TIDAK BEDA JAUH

-

Jaguar Land Rover Indonesia bersama APM PT Wahana Auto Ekamarga, baru saja meluncurka­n SUV Jaguar F-pace 2.0 Prestige. Model yang sama pernah diluncurka­n bulan Juni tahun lalu. Nah, sekarang ditambah lagi nih dengan varian bermesin lebih kecil.

Yup, tak lain adalah Jaguar F-pace. Edisi kali ini, Jaguar merilis varian F-pace dengan kapasitas mesin cuma 2.000 cc. Harganya juga sudah pasti lebih murah dibanding F-pace V6 3.0 liter? Tapi, apa saja kelengkapa­n Jaguar F-pace 2.0 Prestige ini?

Pembeda paling signifikan, pastinya mesin Jaguar F-pace 2.0 liter Prestige didukung dapur pacu baru, mesin Ingenium 2.0 liter dengan struktur aluminium. Mesin ini juga perdana masuk ke Indonesia melalui F-pace 2.0.

Mesin 4-silinder 2.0 liter twin-power turbo ini, berdaya maksimal 250 PS ( 246,5 dk) pada 5.500 rpm dan torsi puncak sebesar 365 Nm pada 1.200 - 4.500 rpm. Output ini dikirimkan ke penggerak empat roda AWD oleh transmisi otomatis ZF 8- speed. Sama seperti model V6, pilihan mode berkendara masih tersedia seperti normal, eco dan dynamic.

Nah, bedanya dari versi V6 3.0 liter yang dijual dalam trim R-sport, versi mesin 2.0 dijual hanya dalam trim Prestige. Karakterny­a lebih elegan ketimbang R-sport yang dipenuhi body kit dan jok sport di dalam interior.

Pada F-pace 2.0 Prestige kabinnya diwarnai krem pada jok dan sejumlah panel. Pembungkus jok tetap menggunaka­n material kulit berkualita­s sebagai mobil premium, tanpa body kit.

Soal dimensi, bisa dikatakan tak ada perbedaan, yang berarti F-pace 2.0 punya panjang 4.731 mm, lebar 2.175 mm dan 1.652 mm tinggi. Jarak antar poros roda juga sama, yakni 2.874 mm.

Sementara, fitur dan kelengkapa­nnya mirip-mirip dengan versi mesin V6. Tapi untuk sistem infotainme­nt, sudah disegarkan dan dengan penampang lebih besar. Layar sentuh 12,3 inci dengan sistem Incontrol Touch Pro dan navigasi terintegra­si. Sistem audio masih sama, menggunaka­n Meridian 380 Watt.

Tak cuma itu, bangku depan kini bisa diatur posisinya secara elektrik 10-arah. Oh iya, soal harga bedanya cukup signifikan. Bila Jaguar F-pace V6 3.0 R-sport dibanderol Rp 1,999 miliar, maka model baru Jaguar F-pace 2.0 Prestige ini cuma dilabel Rp 1,549 miliar. Keduanya belum termasuk pajak mobil sangat mewah loh!• Ario

Sekarang ditambah dengan varian bermesin lebih kecil

VIP Interior

Masuk dalam kabin, nuansa mewah dan nyaman tak begitu terasa. Memang seperti konsep interior VIP yang ditambahi lemari dan botol-botol minuman. Walau disulap begitu, Luxio ini sukses menjadi LMPV ekslusif ala Suherman. Bahan pelapis jok serta sofa door trim diberi konsep lebih rumah. Diberi busa yang

Suzuki Ignis sudah mulai jadi incaran para pehobi modifikasi. Mulai dari tampilan eksterior, kaki-kaki seperti pelek dan suspensi, hingga interior, kini sudah banyak yang dimodifika­si. Seperti halnya Angga, yang sudah mengaplika­si jok model bucket berlabel Recaro di Ignis anyarnya ini, “Selain gaya, juga lebih nyaman duduknya,” ujar Angga.

Jok Recaro tersebut, ia pakai punya eks Ignis Sport gen 1 yang tidak dijual di Indonesia ( gbr.1). “Ukurannya pas, enggak terlalu lebar dan enggak terlalu tinggi seperti Recaro umumnya,” bilang pemilik Ignis bergaya rally look ini. Soal harga, “Enggak sampai Rp 10 jutaan sepasang,” tukasnya lagi.

Untuk membuat dudukan barunya, pehobi fotografi ini membuatnya di bengkel Sepakat di kawasan Haji Nawi, Jaksel, yang sudah biasa memasang jok Recaro. Setelah jok asli dilepas, pengukuran untuk plat dudukan baru langsung dilakukan ( gbr. 2). Kemudian dibuat menggunaka­n plat, “Kalau enggak salah pakai plat 2 mm,” bilang Angga ( gbr. 3).

Setelah itu, dudukan tadi langsung dipasang ke jok Recaro ini dan dipasang ke mobil ( gbr. 4).

Menurut Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia dalam surat elektronik yang dikirim ke redaksi, proses perkembang­an teknologi busi, sangat dipengaruh­i oleh efek quenching. Dimana bentuk elektroda dan fitur yang diusung, sangat mempengaru­hi kinerja busi dalam menjalanka­n proses pengapian.

Pada dasarnya, lanjut Diko, bentuk elektroda busi sangat beragam sesuai dengan kebutuhann­ya. Nah, ubahan

yang kerap dilakukan, yaitu busi standar dibentuk menyerupai busi tipe lain dengan cara melakukan pemotongan pada bagian ground elektrodan­ya. Efeknya akan seperti apa?

Mari kita bahas lebih detail!

“Mau duduk di Ignis lebih nyaman dan tampilan jadi lebih keren? Ikuti langkah Angga ini”

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia