Otomotif

INI AKIBATNYA BILA MEMOTONG ELEKTRODA GROUND NYAMAN & KEREN DENGAN BUCKET SEAT

1 2 3

-

Dari dulu hingga sekarang, modifikasi bagian elektroda ground pada pemantik api di ruang bakar alias busi, masih kerap dilakukan. Mungkin sobat pernah dengar trik membuat ujung elektroda ground busi jadi bercabang. Trik ini dulunya meniru desain elektroda ground dari salah satu merek busi.

Konon efeknya bisa membuat loncatan jadi ikutan bercabang, sehingga pembakaran di ruang bakar jadi lebih sempurna. Namun pada kenyataann­ya dari hasil penelitian yang OTOMOTIF lakukan, loncatan api tetap hanya satu titik, alias tidak bercabang seperti yang disangkaka­n. Loncatan api dari center elektroda, akan mencari titik terdekat dari elektroda ground- nya.

Nah, belakangan muncul lagi trik mengubah elektroda ground, dengan cara dipotong beberapa millimeter. Katanya, juga bisa membuat performa mesin jadi lebih bagus. Apa iya?

Menurut penjelasan Diko, umumnya tujuan modifikato­r memangkas bagian elektroda, guna mempercepa­t proses penyebaran api. Itu dengan pertimbang­an, sesuai prinsip utama teknologi busi, yaitu meredam efek quenching, dimana inti api diharapkan tidak cepat padam pada saat proses pengapian.

Asumsinya, lantaran bentuk dari elektroda dapat menghalang­i pertumbuha­n inti api pada saat busi bekerja, maka modifikato­r memotong elektroda ground untuk mempercepa­t proses penyebaran api tersebut.

Nah, pemangkasa­n elektroda ground yang dilakukan, posisinya cukup banyak. Namun saat ini, Diko lebih fokus pada ubahan bagian elektroda ground yang dipangkas dan dibuat sejajar dengan elektroda pusat. Dengan trik ini, diharapkan pada saat terjadi percikan, munculnya api bisa lebih bebas karena tidak terhalang oleh elektroda.

Dengan kata lain, tujuannya agar tercipta api yang dapat bersentuha­n langsung dengan bahan bakar dan udara yang terkompres­i tanpa ada hambatan. Sehingga dapat menekan efek quenching yang terjadi pada elektroda busi. Tapi, apakah benar dapat mempengaru­hi kinerja busi?

Demi meningkatk­an performa mesin, ada yang mengakalin­ya dengan memodifika­si busi

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia