Otomotif

CARA UNIK BIKIN GANTENG PELEK DAN BAN

- Pelek Ukir

Tak hanya penggantia­n pelek saja yang bisa bikin penampilan roda mobil lebih personal. Untuk tampil lebih modis, ada cara kreatif lagi yang bisa dilakukan. Berikut dua trik kreatif yang bisa jadi inspirasi. • Rendy bengkel Alecon Racing, Kelapa Gading, Jakarta Utara ini.

Bisa disebut tire sticker, tire lettering atau tire stencil. Ia memesannya langsung dari workshop stiker Ale di akun instagram @ ale_tirestiker.

Satu setnya ditebusnya seharga Rp 275300 ribu, “Bahannya mirip sejenis karet busa, disebut semi rubber,” katanya. Kalau yang full karet, biasanya lebih mahal, yakni sekitar Rp 650 ribuan.

Menurutnya, pemasangan tak terlalu sulit, “Sebenarnya tinggal tempel saja pakai lem khusus. Ada panduannya kok, saya pasang sekitar 1 jam untuk satu ban,” kekehnya.

Berbeda dengan tire spidol atau tire marking, “Tipe yang ini ada punya ketebalan sekitar 2 mm, sehingga seakanakan tiga dimensi. Hasilnya lebih keren sih menurut gue,” yakin Andre. Oh iya, selain tulisan merek dan tipe ban, sebagian orang juga menambahka­n nama mobil atau nama komunitas. Satu lagi yang unik adalah pelek yang diukir. OTOMOTIF melihatnya dipasang pada sebuah Gran Max pikap, milik Yuli Firawan asal Solo, Jawa Tengah. Pikapnya pun sedang menggendon­g Honda Mega Pro, yang juga tubuhnya penuh dengan ukiran dan diberi ornamen kuningan. Ternyata, Yuli Firawan sendiri yang merancang ukiran seperti ini. Ia sendiri merupakan pengrajin kuningan dan tembaga dari Boyolali. Untuk membuat pelek seperti ini, dibuatkan dulu pola awal yang disesuaika­n dengan luas penampang permukaan palang peleknya. “Kalau sudah dibuat motif, baru dipahat atau ukir, lantas tinggal dipoles,” katanya lagi. Satu set pelek membutuhka­n waktu pengerjaan sekitar 10 hari. Mengenai biaya, “Harganya mulai dari 1 juta per set ukuran di bawah 15 inci, kalau 15-17 inci sekitar 1,5 juta,”yuli. Biaya nantinya juga tergantung oleh desain dan luas penampang pelek.

Tak hanya bagian palang, ia juga mengaku bisa mengukir bagian bibir peleknya. Hmm, untuk yang berminat silakan mampir ke alamat Yuli di workshop Setiabudhi Design, Tumang Gunung Sari, Cempogo, Boyolali, Jawa Tengah. Atau kontak langsung ke 0812-2590-740.

Pertamina Fastron Diesel 15W-40, memiliki kekentalan ganda yang stabil. Sehingga memberikan akselerasi dan perlindung­an optimal terhadap mesin pada saat start up dan operasi pada temperatur tinggi.

Lalu seperti yang kita ketahui bersama, mesin diesel, baik konvension­al atau modern, membutuhka­n suhu tinggi untuk bisa mencapai performa terbaiknya. Nah, Pertamina Fastron Diesel 15W-40 memiliki ketahanan yang tinggi terhadap oksidasi dan panas, sehingga mampu memberikan masa pakai pelumas lebih panjang. Disamping itu, pelumas ini juga memiliki tingkat penguapan yang rendah, sehingga pemakaian pelumas lebih irit.

Ditambah, kandungan deterjen yang terdapat di dalam Fastron Diesel 15W-40 ini, dapat mencegah pembentuka­n deposit pada piston, serta mampu menjaga kebersihan mesin, sehingga umurnya jadi lebih panjang. Selain itu, pelumas ini juga memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengendali­kan soot (kerak diesel) dan menetralis­asi asam hasil pembakaran. • ADV

Bisa terapkan tire sticker ala Jogja atau Memilih pelumas untuk mobil diesel, harus yang sesuai dengan kebutuhan mesin ukiran pelek dari Boyolali

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia