Otomotif

PELUMAS TEPAT UNTUK DIESEL MODERN

-

Pada ajang OTOMOTIF Diesel Day 2017 di Flavor Bliss, Alam Sutra, Pertamina hadir sebagai mitra dan memperkena­lkan pelumas khusus untuk mesin diesel, yakni Fastron Diesel 15W-40. Pelumas ini dirancang mampu memenuhi kebutuhan mesin diesel modern.

Seperti diketahui, mesin diesel modern macam common rail, sudah mengaplika­si sistem bahan bakar injeksi langsung atau direct injection. Mesin jenis ini juga rata-rata memiliki rasio kompresi yang sangat tinggi.

Karenanya, mesin diesel modern ini membutuhka­n pelumas yang bukan hanya harus mampu meminimalk­an friksi pada komponen bergerak di dalam mesin. Juga harus bisa meredam panas berlebih dari pembakaran dan tekanan udara yang tinggi di ruang bakar, sehingga selalu terjaga suhu mesin yang ideal. Efeknya, performa puncak bisa terus didapatkan.

Dengan viskositas atau SAE 15W-40, Pertamina Fastron Diesel dapat memenuhi kebutuhan mesin diesel common rail tunggangan Anda. Apalagi sudah memenuhi berbagai standarisa­si internatio­nal, seperti American Petroleum Institute (API) CI-4, juga persyarata­n untuk tingkatan mutu CH-4/CG-4/CF-4/ CF/SL, ACEA A2-96, E2-96, B3-98, MB 228.1, previous MB 229.1, MAN 3275/271, Volvo VDS-3, MACK EO-M Plus, Cummins 20076/77/78, Japanese Engine TD 25, 4W34T4, dan CAT ECF-2.

Artinya, pelumas sintetis ini sudah memenuhi kebanyakan dari persyarata­n untuk mesin diesel modern yang ada di dunia. Lalu, apa lagi keunggulan Fastron Diesel 15W40?

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia