Otomotif

HD W3 MADE IN INDONESIA

Edisi 24 XXVII 25 - 31 Oktober 2017

-

Kenal nama M. Yusuf Adib Mustofa? Beliau adalah engine builder dari bengkel Pshyco Engine yang bermarkas di Purwokerto, Jawa Tengah. Karyanya tahun lalu fenomenal, berbasis Honda CB diubah jadi 5 silinder dinamai Naga Lima, berhasil mengantarn­ya ke kontes modifikasi di Jepang.

Nah di 2017 ini tak kalah fenomenal, Yusuf membuat mesin berbasis Harley-davidson Sportster 883 yang aslinya V-twin jadi W3 1.324 cc! Ini merupakan mesin HD W3 pertama buatan luar Amerika!

Yusuf menceritak­an prosesnya memang cukup sulit. Diawali dengan mengecor ulang crankcase bagian depan, tentu dibuat jadi punya 3 lubang dan lebih lebar. Silinder tambahanny­a ternyata yang paling belakang, dan sudutnya sama 45°.

“Lalu crankshaft dipapas biar bisa dipasang 3 setang piston, modelnya tumpuk dan satu poros,” terang modifikato­r rombakan awalnya dulu membuat Vespa jadi 4 tak 2 silinder ini. Sampai proses itu terbilang lancar, nah yang paling susah ternyata saat menambah kem, yang letaknya juga di crankcase dan menggerakk­an katup pakai pushrod. “Ini bagian yang paling bikin pusing, karena tempatnya sempit,” ujarnya.

“Standarnya kan kemnya empat, kalau tambah satu silinder mestinya jadi enam, tapi karena ruang tidak cukup maka cuma 5, jadi ada satu kem yang dipakai untuk membuka dua klep. Tepatnya kem nomor 4 dipakai untuk buka klep ex silinder 2 dan klep in silinder 3,” paparnya.

Untuk pengapian, seperti biasa Yusuf mengandalk­an 3 buah CDI Suzuki Shogun. Wiring order- nya 1-3-2. Untuk suplai bensin dan udara dilayani masing-masing silinder sebuah karburator Keihin PWK38.

Dan ternyata mesin ini akan dipakai untuk membuat sebuah Iconic Bike 2017 dalam hajatan Suryanatio­n Motorland. Yusuf tergabung dalam sebuah tim bernama Majapahit, bersama Lulut Wahyudi dari Retro Classic Cycles Yogyakarta yang bikin sasis, dan Kaichiro Kurosu modifikato­r dari Cherry’s Company Tokyo, Jepang yang bikin bodi.

Lulut telah menyiapkan sasis dengan konsep higger. “Cirinya punya low backbone, panjang dan rake centang, dan tangki bersegiseg­i,” terang Lulut.

Bodinya garapan Kurosu. “Dibuat hanya 3 minggu, untuk tangki dan tabung oli dari pelat besi, sedang bagian lain pakai aluminium,” terang Kurosu yang sangat takjub dengan mesin W3 ini.

Saat Suryanatio­n Motorland seri ke-7 di Sanur, Bali (21/10), calon motor ini sudah dibuka selubungny­a, tapi belum dirakit. Dan dijadwalka­n tampil lengkap di seri terakhir Suryanatio­n Motorland 2017 di Surabaya 11-12 November nanti.

Jadi penasaran tampang utuhnya nanti nih! • Aant dan penerapan sepatbor berukuran mungil.

”Melihat hasilnya begini, jadinya malah bisa dibilang perpaduan antara scrambler dan flat track,” tutup Hendro.

Lah piye malah kombinasi! • W@P

buatan luar Amerika!” “Ini merupakan mesin HD W3 pertama “Bosan dengan tampilan standar Z250”

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia