Otomotif

YANG TERBALIK LEBIH KEREN!

-

Yamaha Aerox 155 VVA tidak ada habisnya, selalu ada aksesori baru yang menggiurka­n pemiliknya. Bagian kaki-kaki misalnya, setelah upgrade suspensi belakang rasanya tidak afdol jika suspensi depan masih bawaan pabrik.

Ingin tampil beda? Bisa pasang suspensi tipe upside down, sok model terbalik ini membuat tampilan motor lebih kekar dan sporti. Bengkel yang sudah pasang salah satunya Fat Motorsport.

Upside down ini comot dari aksesori Yamaha NMAX, makanya pemasangan di Aerox 155 gak bisa plug and play alias PNP. Salah satu yang harus dirombak as komstirnya, “Harus dipendekin dulu, karena punya NMAX lebih panjang dibanding Aerox 155,” ujar Wiryawan owner Fat Motorsport.

Selanjutny­a pemasangan roda harus tambah bushing di as sebelah kanan dan kiri, “Karena segitiga NMAX lebih lebar, jadi harus tambah bushing supaya gak ada celah,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, speed sensor yang terletak di dekat cakram juga harus diganjal, “Pakai mur dan ring. Kalau tidak diganjal speed sensor terlalu jauh sehingga kecepatan tidak terbaca. Anehnya tiap motor berbeda, ada yang cukup pakai ring, ada yang cukup pakai mur, ada yang perlu mur dan ring,” tunjuk Wiryawan.

Upside down yang dijual sepaket dengan segitiga ini ada merek Equinox, Ride It, dan NUI. Banderolny­a Rp 2,6 juta belum sama jasa pasang. “Untuk jasa pemasangan sampai beres Rp 1 juta,” imbuhnya.

Dan ternyata ada pula upside down tanpa segitiga, namun tetap kepunyaan NMAX bermerek Fast Bike. “Tetap harus dikecilin karena punya diameter 26 mm, dikecilin jadi 22 mm supaya bisa masuk ke segitiga Aerox,” rinci Wiryawan yang bengkelnya ada di bilangan Pondok Bambu, Jaktim ini. Harganya lebih terjangkau, hanya Rp 1,3 sudah berikut jasa pasang.

Pasang yuk! • Fariz

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia