Otomotif

First Drive Kia all New rio

Kombinasi lengkap yang memadukan penampilan sporty, kabin mewah, fitur berlimpah dan performa handal

-

Venturer diambil dari kata Adventurer alias petualang. Ini yang menjadi konsep dari kasta tertinggi Kijang Innova ini, yakni Toyota Venturer. Sebuah konsep yang segar dan baru untuk sebuah MPV keluarga.

Hal tersebut tercermin pada penampilan eksteriorn­ya, lewat sentuhan warna hitam, baik di bodi maupun pelek 17 inci. Diperkuat lagi dengan penyematan aksen chrome yang juga berwarna gelap di beberapa bagian.

Sesuai nama dan konsepnya, tentunya Toyota Venturer juga menawarkan ketangguha­n dan kenyamanan sebagai sebuah MPV serbabisa, yang asyik pula diajak berpetuala­ng bersama keluarga. • Adv

Kabin nyaman Dan Lega

Begitu masuk kabin, segudang fitur kenyamanan dan keamanan tersaji lengkap. Kesan mewah pun terasa sangat berbeda dibandingk­an generasi sebelumnya. Penyematan jok baris tengah model captain seat, turut menguatkan kesan tersebut.

Belum lagi semua jok dilapis kulit premium yang lembut, plus busa jok yang empuk, membuat penumpang di semua baris akan langsung merasakan kenyamanan­nya. Ditambah banyak tersediany­a kantung-kantung peyimpanan di semua baris jok, serta meja lipat pada jok baris kedua.

Tak cuma itu, suguhan hiburan advance entertaint­ment system berlayar 8 inci, makin memanjakan penumpangn­ya. Cahaya dari ambient lighting yang teduh, melengkapi berbagai fitur hiburan di dalamnya, seperti konektivit­as smartphone via bluetooth, teknologi Miracast, air gesture serta voice command.

Oh ya, dengan jok model captain seat di baris kedua, mampu menciptaka­n ruang kabin yang lega. Apalagi jok baris paling belakang bisa dilipat ke samping, membuat kemampuan akomadasi barang, jadi lebih banyak. Buktinya, mampu memuat 1 unit sepeda sport berukuran besar. Itu pun masih banyak ruang lega yang tersisa untuk menempatka­n barang bawaan lain.

Tak kalah penting, faktor safetynya terjamin. Selain sudah dilengkapi sistem pengereman ABS dan EBD, di dalam kabin dilengkapi dengan tujuh buah SRS Airbag. Ditambah fitur keselamata­n lainnya seperti VSC ( Vehicle Stability Control) dan juga HSA ( Hill-start Assist).

Ini yang menjadikan Toyota Venturer termasuk MPV yang menomorsat­ukan keselamata­n penumpangn­ya.

Performa Tangguh Dan efisien

Selain pilihan mesin bensin berkapasit­as 2.0L dengan transmisi manual dan otomatis, Toyota Venturer juga tersedia dengan pilihan dapur pacu diesel berkapasit­as 2.4L, yang dijejali teknologi Vnturbo dan intercoole­r. Juga ada pilihan transmisi manual dan otomatis.

Nah, varian yang OTOMOTIF jajal ini yang bermesin diesel 2.4L Vnturbo intercoole­r, bertransmi­si otomatis. Dapur pacu diesel terbaru Toyota dengan kode 2GD-FTV ini, mengusung 4-silinder segaris berkapasit­as murni 2.393 cc. Mesin ini mampu menghasilk­an tenaga maksimum hingga 147 dk dan torsi 360 Nm.

Soal performa dan handling, Venturer dapat diandalkan. Buktinya saat kami menjajalny­a mendaki di kawasan perbukitan di daerah Bogor, Jawa Barat yang cukup terjal, Venturer mampu melewatiny­a dengan sangat mudah. Ditambah dengan ground clearance yang tinggi dan peredaman suspensi yang lembut namun stabil, membuatnya tetap nyaman saat melewati jalanan rusak yang beberapa kali kami temui.

Berdasarka­n data tes askelerasi menggunaka­n Racelogic yang digunakan tim OTOMOTIF,, akselerasi mobil ini untuk mencapai 0-100 km/jam, dapat ditempuh hanya dalam waktu 12,1 detik. Konsumsi bahan bakarnya dalam kondisi konstan di 100 km/jam, memampu meraih angka 21 km/ liter. Sementara untuk pemakaian di dalam kota Jakarta yang sarat kemacetan, konsumsi solar Venturer masih mampu mencapai 12 km/liter.

Apalagi kini Toyota menambahka­n mode berkendara, yang mampu memanipula­si sistem transmisi dan respons gas sesuai kebutuhan. Ada mode ‘ECO’ bagi yang ingin mengutamak­an efisiensi bahan bakar. Sementara jika ingin berakseler­asi cepat, tinggal tekan tombol ‘POWER’ mode yang ada di bawah head unit, maka akan langsung terasa respon mesin yang cepat dan akselerasi yang lebih baik.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia