Otomotif

Bingung Razia Strobo

-

Halo OTOMOTIF. Belum lama saya lihat di Youtube ada pengendara yang lampu strobonya dicopot paksa oleh polisi. Nah yang jadi pertanyaan saya lihat lampu tersebut malah lebih mirip LED DRL aftermarke­t. Saya tidak tahu apakah si pengendara menyalakan dengan kelap kelip atau tidak.

Lalu saya juga pakai lampu DRL aftermarke­t tersebut tapi nyala konstan warna putih (mobil saya tidak ada DRL dari pabrikan). Karena buat saya penggunaan DRL yang “always On” pada headlamp bagus buat respons pengendara di depan. Apalagi saya menggunaka­n mobil dengan visibilita­s yang sempit, jadi bisa tahu posisi pengendara di belakang serta kecepatann­ya.

Saya khawatir penggunaan DRL ini malah kena razia juga padahal beda konsep antara DRL dengan Strobo. OTOMOTIF tentu tahu, enggak semua petugas di lapangan mengerti soal ini dan karena mereka ‘berseragam’ bisa menentukan apakah ini ‘boleh atau tidak’ ujung-ujungnya akan ada debat kusir. Apa bisa dibahas perbedaan strobo dan DRL aftermarke­t atau minimal menanyakan kepada pihak Kepolisian, karena saya menanyakan hal ini ke divisi Humas Polri belum juga mendapat tanggapan (per 18 Oktober 2017). Terima kasih.

Andry Irawan – Bekasi, Jawa Barat

Kekhawatir­an mas Andry juga kami rasakan. Apalagi kalau melihat beberapa penindakan oleh Polisi Lalu Lintas di beberapa daerah melalui sosmed TMC Polda Metro maupun NTMC. Namun menurut kami lampu strobo dan DRL (Daytime Running Light) berbeda meskipun sama-sama sebagai lampu isyarat. Namun saat ini memang ada DRL aftermarke­t di pasaran yang bisa disetel kedap-kedip sehingga disalahfun­gsikan oleh banyak orang. Permintaan mas Andry segera akan kami eksekusi. Terima kasih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia