Otomotif

WASPADA FILTER UDARA DAN KNALPOT

-

Nah, ini yang paling sering ditakutkan, knalpot kemasukan air. Sebenarnya knalpot tidak akan kemasukan air selama mesin hidup. Seperti yang telah disebutkan di atas, ada vakum udara yang terjadi.

Justru yang perlu diperhatik­an adalah filter udara. Kecipratan air sedikit saja sudah bisa bikin mesin mati, apalagi kalau sampai terendam. Makin banyak input akselerasi, maka akan lebih kuat juga udara yang ditarik oleh mesin. Karena itu, jangan ngebut saat melintasi air.

“Jika memang harus melintasi banjir dengan arus sedikit deras, maka selain yang harus dilakukan tadi di atas, sebaiknya kaca mobil dibuka untuk memudahkan evakuasi jika mobil terseret arus,” saran beberapa teman dari komunitas Calya-sigra Club Indonesia. Atau sedikit lebih ekstrem, buka pintu mobil biarkan air masuk, supaya mobil tenggelam dan ban mendapatka­n traksi.

“Sebaiknya juga jangan mendekati tepi jalan jika memang belum familiar dengan jalan yang dilalui. Takutnya, ada selokan atau lubang di situ,” wanti Tyo, salah satu anggota Calya Sigra Club Indonesia.

Setelah keluar dari genangan air, sebaiknya juga jangan langsung ngebut. Pasalnya, rem pasti masih basah, baik cakram atau teromol. Jalan perlahan dan rem sedikit-sedikit untuk mengeringk­annya. Jangan lupa untuk berhenti sejenak dan memeriksa ruang mesin, apakah ada benda yang tersangkut atau tidak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia