Otomotif

KING OF THE SHARKS

-

Salah satu motor yang mencuri perhatian penonton dan juri di Suryanatio­n Motorland seri Bali, adalah Suzuki GS500 yang dikasih nama The King Of Sharks ini. Buktinya tidak hanya dikerubuti pengunjung, tapi juga diajak dalam sesi diskusi antara juri, modifikato­r dan pengunjung.

Menurut Putu Agus Mulyawarma­n sang modifikato­r dari bengkel AMS Garage, penamaan itu ada alasannya. “Karena memang terinspira­si dari hiu, ikan yang besar dan cepat, kebetulan juga bengkel saya terletak di dekat pantai,” terangnya.

Jangan heran detail yang disajikan banyak terinspira­si dari hiu, “Mayoritas bagiannya terpusat ke depan seperti hiu, lalu di fairing kanan kiri ada lubang mirip insang, sedang list di atas tangki seperti siripnya,” papar pebengkel yang beralamat di Jl. Bypass Sanur No. 167 Sanur, Denpasar.

Menariknya, bahan yang digunakan untuk keseluruha­n bodi dari aluminium. “Selain sedang ngetren, pakai aluminium kemampuan benarbenar diuji, kan enggak bisa didempul dan cat, jadi hanya dipoles, makanya wajib presisi,” papar Putu. “Untuk fairing, tangki, bodi dan sepatbor pakai aluminium jenis ER1100 tebalnya 5 mm, sedang panel atas tangki pakai jenis 5020 yang tebalnya 10 mm. Itu bagian yang menekuknya paling susah, keras banget jadi harus dipanaskan,” imbuhnya.

Sebelum bikin bodi pakai aluminium, ternyata sasis juga bikin baru pakai pipa seamless 1 inci. Sedang lengan ayun ukuran 1,5 inci. Jadi modal awalnya hanya mesin GS500 yang direbuilt agar performa kembali prima.

Setelah itu baru pasang kaki-kaki, untuk depan andalkan upside down Suzuki GSX-R600 lengkap dengan setang dan sistem rem, yang belakang monosoknya dari Kawasaki ER-6N. “Teromol, jari-jari dan pelek semuanya bikin sendiri,” pungkas Putu.

Sayang “Sang Hyang Ka Kia”, nama King Of The Sharks dalam Bahasa Bali belum beruntung, gagal masuk 3 besar di kelas Sport FFA. • Aant

 ??  ??
 ??  ?? Fairing kanan kiri ada lubang terinspira­si insang
Fairing kanan kiri ada lubang terinspira­si insang
 ??  ?? Knalpot custom nyempil di bawah lengan ayun Sisi atas mirip sirip, ini bagian yang paling susah dibentuk
Knalpot custom nyempil di bawah lengan ayun Sisi atas mirip sirip, ini bagian yang paling susah dibentuk
 ??  ?? Sepatbor depan gondrong, memberi kesan semua tertumpu ke depan
Sepatbor depan gondrong, memberi kesan semua tertumpu ke depan
 ??  ?? Lengan ayun custom dari pipa seamless 1,5 inci
Lengan ayun custom dari pipa seamless 1,5 inci
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia