Otomotif

Three Angle Valve

-

Untuk mencapai asupan campuran udara dan bensin yang lebih baik, langkah three angle valve job dilakukan. “Seating klep menjadi 3 angle, yaitu 15°, 30°, dan 45° pakai mesin valve cutter. Selanjutny­a lubang seating klep jadi 19,5 mm dari 20,5 mm. Dengan begini meskipun klep kecil tapi rasa klep besar,” ujar Danu Andri Wibisono, pentolan DMS sembari menambahka­n kalau pengerjaan­nya tanpa porting karena keterbatas­an regulasi.

Mau tampilan Yamaha XMAX makin stylish? Nih tiru trik Wisnu Adi Saputro dari bengkel Rakyat Sinting Matic Shop (RSMS) yang memasang knalpot bawaan All New Honda CBR250RR. Dengan model dual silincer, knalpot ini memang tampak lebih menarik dibanding bawaan XMAX.

Untuk pemasangan tentu butuh penyesuaia­n. Melakukann­ya, RSMS bekerjasam­a dengan bengkel knalpot WRC di Depok, Jawa Barat, jadi nantinya yang beli tak perlu repot lagi saat akan pasang.

Ubahan pertama pada ujung depan silencer, diperkecil pakai bahan stainless steel agar klop dengan leher knalpot bikinan yang juga dari bahan yang sama. Keduanya disatukan model slip on diperkuat sebuah per ( Gbr.1).

Ubahan kedua, bikin dudukan baut di silencer CBR250RR bagian bawah, disamakan dengan aslinya XMAX ( Gbr.2). “Bikin juga braket knalpot tambahan untuk yang atas biar nggak goyang ( Gbr.3),” terang Inu sapaan akrabnya sambil menyebut harga knalpot berikut dudukannya Rp 3,7 juta.

Karena sudah diset khusus, maka pemasangan­nya plug and play. “Langsung saja kencangkan baut braket silencer dan lehernya. Lalu pasang dan kencangkan pakai kunci T12,” jelas pebengkel yang beralamat di Jl. Pejaten Raya, Jakarta Selatan. Terakhir pasang baut silencer knalpot menggunaka­n kunci 14 ( Gbr.4).

Nah jadi lebih keren kan? • Fajrin

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? foto: fajrin
foto: fajrin
 ??  ?? RSMS: 0812-1339-5996
RSMS: 0812-1339-5996

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia