Otomotif

TAMPIL ALA VERSI EROPA

-

Mika lampu Suzuki GSX-R150 lokal dan versi luar, misal untuk pasar Thailand maupun GSX-R125 yang beredar di Eropa ternyata beda. Jika versi lokal ada tekukan pas antara lampu pendek dan jauh, jadi yang sisi bawah jadi cekung ( Gbr.1), yang versi luar ternyata melengkung jenong ( Gbr.2).

Mau tampil beda ala versi luar? Ternyata sudah ada yang jual mika aksesoriny­a loh ( Gbr.3)! Yang menyediaka­n dealer Suzuki Aria Putra di Jl. Aria Putra, Ciputat, Tangerang Selatan. “Iya nih sudah ada versi aftermarke­tnya, cocok buat yang ingin tampil seperti versi Eropa,” terang Kelly Nugroho, pemilik dealer.

Sayang Kelly belum bisa merinci harga jualnya, “Masih dihitung,” lanjutnya. Yang jelas untuk pemasangan memang cukup repot, wajib diserahkan ke ahlinya karena harus bongkar semua fairing dan batok lampu.

“Pertama harus buka fairing kanan kiri, lalu baru bagian lampu bisa dilepas. Ada tiga baut pengikat batok lampunya,” terang Yulius Vega, marketing Suzuki Aria Putra yang juga biasa bongkar-bongkar.

“Baru setelah batok lampu terlepas ( Gbr.4), panaskan bagian pinggiran mika pakai heat gun ( Gbr.5) agar lemnya meleleh. Setelah itu mika bisa dilepas dengan ditarik perlahan,” lanjut Vega, sapaannya.

Langkah selanjutny­a pasang mika yang jenong, “Biar enggak bocor, jangan lupa kasih sealant baru,” wanti Vega. Terakhir rakit ulang deh ke motor termasuk fairingnya.

Nah sekarang jadi jenong, tampil beda deh! • Aant

Menurut pedagang motkas, Tiger seken punya harga stabil dan peminatnya banyak terutama anak muda. “Besutan ini memang banyak yang cari, terutama 1993 sampai 1998 biasanya yang cari tahun itu anak muda, katanya buat dimodifika­si atau koleksi,” bilang Fachrizal pemilik showroom motkas Mahani Motor di kawasan Condet, Jakarta Timur.

“Pasaran keluaran awal antara Rp 5-7 juta,” tambah Yono owner showroom Top Motor Setia Budi, Jakarta Selatan. Sementara Tiger 2008-2009 menurut Abba dari Abba Motor di Jl. Condet Raya, Jakarta Timur, kisaran Rp 14,5-15,5 juta. Sementara keluaran terakhir 2012 masih bisa tembus di atas Rp 20 juta. Tapi harga tergantung juga dari kondisi, semakin bagus bisa semakin mahal. Bahkan belum lama ada Tiger keluaran awal dengan odometer masih sedikit tembus Rp 45 juta! Gila ya!

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Suzuki Aria Putra: 0821-3453-6666
Suzuki Aria Putra: 0821-3453-6666
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia