Otomotif

DIKULIK LAGI BIAR MAKIN ASYIK

-

Asyiknya mendapatka­n sesuatu yang baru itu, adalah membuatnya bisa menjadi lebih baik lagi. Seperti OTOMOTIF yang baru kali ini mendapatka­n kesempatan mencoba LMPV terbaru lansiran Mitsubishi, Xpander dengan trim tertinggi, yaitu Ultimate.

Ternyata, Mitsubishi Xpander Ultimate punya potensi yang kuat untuk modifikasi audio. “Wah, ini kualitas standarnya saja sudah lumayan bagus lho, ” ujar Tedy, punggawa NIKI Motor Audio, yang berlokasi di Sentra Onderdil BSD ini.

Nah, karena sistem audio standarnya saja sudah lumayan bagus, kami meminta Tedy untuk melakukan tes Real Time Analyzer (RTA) dan setting equalizer yang menghasilk­an kualitas suara lebih bagus lagi.

Hasil RTA menunjukka­n, kurva sound- nya cenderung menurun, terutama di bagian pitch tinggi atau treble. ‘ Tendangan’ bassnya lumayan tapi berfluktua­si, karena memang tidak ada subwoofer.

“Idealnya memang kurva ini harusnya semua rata, atau paling tidak hampir sama rata. Itu artinya tidak ada suara yang ‘bocor’,” jelas Tedy lagi.

Nah, karena sudah ketahuan, mana yang kurang dan mana yang lebih, kita sekarang masuk ke pilihan equalizer dari head unit dan masuk ke menu ‘ custom’. Di sini Tedy mengarahka­n treble, atau indikator paling kanan ke atas, dan sebelahnya sedikit di bawah. Sementara indikator bass, paling kiri sedikit diturunkan.

Hasilnya, suara yang keluar dari speaker dan twitter sedikit lebih baik dari sebelumnya, di mana semua indikator rata di tengah pada pilihan equalizer custom.

Untuk kualitas suara yang lebih baik lagi, Tedy menyaranka­n untuk memasang subwoofer paling tidak 5 inci hingga 10 inci, beserta powernya di belakang, speaker 2 way plus twitter, sound processor dan sepasang peredam di kedua pintu depan.

“Peredam lumayan penting jika ingin meningkatk­an kualitas suara di ruang kabin kelas LMPV dan LCGC karena suara sering bocor dari pintu. Untuk awal di pintu depan dulu, jika dirasa kurang bisa ditambah di panel lain,” tutup Tedy.• Ario

Audio standar Mitsubishi Xpander tipe tertinggi, terbilang sudah bagus

Sobat yang sudah punya low MPV terbaru asal negeri Tirai Bambu, Yakni Wuling Confero, khususnya untuk tipe tengah dan tertinggi (Confero S 1.5 C dan L), pasti banyak yang belum ‘ ngeh’ dengan beberapa fiturnya.

Nah, ada 9 fitur unik di Confero S yang perlu kalian ketahui, karena fungsinya terbilang cukup membantu. Bahkan ada yang bersifat untuk keselamata­n penumpangn­ya, terutama anak-anak. Mau tahu kan fitur-fitur apa saja itu? • DIC

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia