Otomotif

4. munculnya suara berdecit

-

Timbul suara berdecit dari ruang mesin dan bagian belakang mobil. Penyebabny­a, dari engsel yang ada di kap mesin di bawah jok dan dudukan jok tengah dan belakang. “Bunyi timbul karena ada gesekan antar engsel yang bergerak,” sahut Mulyono dari Astra Daihatsu Pondok Gede, Bekasi.

Solusinya, bisa dengan memberikan cairan penetran di setiap engsel. Alternatif lainnya, bisa dengan menggunaka­n lapisan karet untuk melapisi engsel kap mesin dan jok. Karetnya sendiri bisa ditemukan di toko bahan bangunan dengan harga sekitar Rp 25 ribu per lembarnya.

3. suara berisik di atap

Hal ini terjadi lantaran penggunaan peredam pada atap Luxio tidak mencakup keseluruha­n dari atap Luxio. “Peredamnya hanya ada pada atap bagian tengah, tepatnya di atas A/C double blowernya. Sehingga menimbulka­n suara berisik saat hujan turun atau dalam kecepatan tinggi,” tambah Yodi. Solusinya, beberapa pemilik Luxio memasangka­n peredam pada atap, yang menghabisk­an hingga 4 meter. Harga peredamnya berkisar antara Rp 150-500 ribu.

5. engine mounting

Menurut Wahyu, selaku Servie Advisor ASCO Daihatsu Fatmawati, kerusakaan engine mounting pada mobil Daihatsu Luxio dapat diketahui dari bunyi saat kunci starter dinyalakan. “Ada bunyi gludukglud­uk saat starter. Bahkan kalau kerusakan sudah parah, saat rpm idle dan AC menyala, getaran makin terasa,” urai Wahyu Service Advisor ASCO Daihatsu Fatmawati.

Oiya, engine mounting sendiri digaransi 100.000 km. “Sedangkan jika sudah di luar masa garansi, harga komponen engine mounting cukup terjangkau, enggak sampai Rp 200 ribu,” tutupnya.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia