Otomotif

Terima ubah dan perbaikan

-

Layanan utamanya yakni perbaikan untuk barang-barang elektronik rumah tangga. Tapi, Toto Thoyib juga sangat dikenal di kalangan pereli dan kini speed off-road. Bukan jago sebagai pembalap, tapi turut ‘membantu’ keberhasil­an komunikasi driver dengan co- driver/ navigator. Toto, panggilann­ya jadi andalan untuk melakukan perbaikan pada perangkat intercom yang biasa ada di mobilmobil reli serta speed off-road.

Menurut Toto, rangkaian dan cara kerja dari intercom di mobil-mobil reli hampir sama seperti radio komunikasi (rakom). “Saya dasarnya memang rakom. Jadi memang tidak ada kesulitan. Semua bisa diperbaiki,” ucap pemilik gerai Melawai Elektronik di Melawai, Jaksel ini.

Meski demikian, untuk komponen diakui memang masih berasal luar negeri, namun untuk ketersedia­annya cukup mudah. Sehingga, kalau kerusakan yang cukup parah harus menunggu barang-barang tersebut terlebih dahulu.

Mengenai kerusakan, menurut pria asal Kuningan, Jabar ini lebih banyak di mesin intercom itu sendiri. Biasanya karena kotoran, air, kurang perawatan dan juga umur pakai komponen elektronik.

“Kerusakann­ya sendiri di mesin dan itu beragam. Mulai yang enteng sampai yang benar-benar parah. Biasanya kalau sudah parah, saya sarankan untuk ganti. Bisa diperbaiki, tapi enggak lama akan kumat lagi. Daripada nanti konsumen komplain, lebih baik saya sarankan ganti baru. Tapi, kalau masih bisa diperbaiki, saya selalu perbaiki,” ungkapnya.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia