Otomotif

MUTILASI BUMPER AGAR AWET MUDA

-

Selalu saja ada proyek modifikasi yang menarik setiap tahunnya ditampilka­n Sony Yudhanto, penggawang Agung, bengkel LA Custom, Lenteng Depok. Kali ini OTOMOTIF tertarik sebuah mengangkat mobil hariannya, Camry 2006 sedan premium Toyota Camry 3.5 Q. Olehnya, versi teratas jadi ini ‘diobrak-abrik’. Tapi bukan jadi berantakan, malahan kesannya dan segar. lebih elegan, awet muda Ini lantaran sedan premium Rp 150 yang harga bekasnya sekitar ‘menyala’ jutaan ini diberi kelir kuning operasi dan perubahan wajah lewat bumper. pernah “Kalau sebelumnya saya cat warna merah, yang sekarang kuning mengikuti tren, saya cat terangnya. dengan pigmen xirallic,” Efek xirallic yang bikin tampilan warna menyala ini disebut dengan Spies Hecker. Lemonsting Yellow dari lagi musim “Sepertinya warna kuning Honda lagi ya, BMW ada yang kuning, Jazz juga,” katanya lagi. ada Ubahan strategis lainnya bumper pada bagian wajah. Bagian awet muda dioperasi sehingga kesan an pakai lebih terlihat. Seakan-ak yang lalu Camr y kelahiran 11 tahun Camry baru ini disematkan bumper tiga buah tahun 2017. Padahal, “Perlu hingga bumper yang disobek-sobek jadi seperti ini,” buka Sony. Bumper 2006, bumper facelift gril 2017. 2010, serta bumper dan 2010, Kenapa memakai bumper ini lantaran Sony mendapatka­n cocok gril hybrid yang hanya bisa tahun dipasang masuk di bumper 2010. sedikit “Setelah dijahit jadi satu, tanah liat, dibentuk menggunaka­n hingga kemudian dicetak ulang Wah menjadi seperti ini,” jelasnya. ya. ternyata cukup rumit juga negeri Menurut Sony lagi, di luar conversion. sedang musim bumper wajah Maksudnya meremajaka­n muda, tanpa mobil agar terlihat lebih bagus menghilang­kan detail-detail body kit yang sulit dibikin. “Kalau mendapatka­n custom biasanya susah an detail ala OEM dan menghilang­k ini yang saya identitas, makanya cara lakukan,” jelasnya lagi. detail Kalau dikonversi bumper Camr y 2017 rumit dan keren, tanpa kelihatan jauh lebih muda, menghilang­kan identitas. Ubahan lainnya yang tak kalah gahar dan mendukung kaki-kaki. penampilan adalah sektor alias Sejurus dengan tren ‘melata’ kandas, Camr y ini juga melakukan atau pemotongan lingkar fender bahasa gaulnya radius fender. Selain bikin bodi lebih nempel DPE ke aspal, cara ini bikin pelek tanpa 20 inci bisa bergerak leluasa dalam bergesekan dengan ruang suspensi fender, sekaligus jarak main sasis udara tetap optimal. “Biar sama monokoknya nempel banget ya radius aspal, obatnya cuma satu, melakukan, fender,” terangnya yang 3 cm. radius fender sebanyak selain Hasil jadinya luar biasa, lebih wajah Camr y yang terlihat muda, kesan ‘menyala’ lewat makin lemonsting, mobil ini juga Tak ‘kekinian’ dengan gaya melata. buat orang ada lagi kesan sedan besar tua. • Rendy

sekaligus Menyatukan tiga bumper ‘menyala’ dalam wajah Camry yang

Setelah sukses dalam bisnis pembiayaan kredit kendaraan, elektronik dan multiguna, Adira Finance kini serius memasuki bisnis di industri digital. Dan pada usia yang sudah 27 tahun, Adira Finance menggelar soft launching layanan digital jualbeli mobil bekas yang bernama momobil.id.

“Peluncuran momobil.id merupakan inovasi digital yang kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang seiring dengan perkembang­an teknologi,” ujar Hafid Hadeli, Direktur Utama Adira Finance saat press conference (17/11).

Dibanding situs lainnya, momobil.id memiliki layanan paling lengkap. Salah satunya adalah memiliki layanan pembiayaan

Dalam kunjungan ke workshop Evhero di ITENAS, OTOMOTIF juga turut mencoba mobil tersebut, meski memang masih belum sempurna. Duduk di bangku pengemudi. Pengaturan dilakukan semua layaknya mobil biasa.

Putar anak kunci. Tidak terdengar apapun, hening sunyi. Ya pasti, namanya juga mobil listrik. “Ini sudah hidup. Siap untuk jalan,” ucap Demang, yang menemani. Saat itu, tidak ada tanda-tanda ‘kehidupan’.

Dalam keadaan sunyi tersebut, tuas ‘transmisi’ dimundurka­n. Tuasnya kecil tapi nyaman digerakkan. Injak pedal gas, maka mobil mundur. Untuk maju, tinggal tuas dorong ke depan saja.

Untuk bisa menggerakk­an mobil, injakan kaki di pedal gas harus agak dalam. Bagi yang pertama, agak sulit untuk dapat feel- nya. “Memang demikian. Supaya gerak mobil dan pengendara tidak kaget. Ini sebenarnya bisa disetel lebih responsif,” tambah Demang. • toncil

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia