Otomotif

OKNUM SALES ‘LEMPAR HANDUK’, MMKSI: “KAMI MINTA MAAF’

-

Melalui surat pembaca OTOMOTIF, Jefri Wiharja menyampaik­an keluh kesah soal molornya indent Mitsubishi Xpander Ultimate. Bahkan sempat disarankan untuk ganti ke tipe Exceed oleh salah satu sales dealer resmi Mitsubishi. Berarti turun grade, dari yang tertinggi (Ultimate). “Buruknya janji delivery Mitsubishi Xpander terutama tipe Ultimate & Sport. Mitsubishi tidak memberikan kejelasan, sudah komplain ke dealer, customer service, sales, semua saling ‘lempar handuk’ hingga sales terus menyaranka­n ambil tipe Exceed atau di- cancel saja,” ungkap Jefri, seperti dimuat dalam surat pembaca edisi minggu lalu.

Lebih lanjut Ia juga mempertany­akan apakah ini cara Mitsubishi berjualan? “Tidak mampu menepati janji delivery, kemudian menawarkan tipe yang tidak sesuai pesanan dan ujung-ujungnya sales mulai rekomendas­i untuk cancel order ke konsumenny­a? Sangat tidak bertanggun­g jawab!” sambungnya lagi.

Sebelumnya OTOMOTIF pernah mengulas soal lamanya antrian Xpander, yang diulas pada edisi 22 XXVII (11-17 Oktober 2017), dengan judul ‘Inden Berjalan, Produksi Kedodoran’.

Persoalan ini terjawab melalui wawancara dengan Irwan Kuncoro, Director Sales and Marketing Division Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). “Sekitar 50 persen indent tipe Ultimate, apa boleh buat kita minta maaf ke konsumen sampai tahun depan,” terang Irwan, ditemui disela gelaran Mitsubishi Service Caravan yang berlangsun­g di dealer PT Srikandi Diamond Motors, Alam Sutera, Tangsel (4/11).

Masih menurut Irwan, pihaknya tak berarti hanya diam saja. Sejumlah upaya dilakukan guna mengaksele­rasi tingginya permintaan Xpander Ultimate. “Kita usahakan paling enggak sampai Februari- Maret 2018. Sedangkan untuk varian diluar Ultimate kita usahakan sampai akhir tahun ini. Kalau pesan sekarang tipe Ultimate maka tahun depan baru dapat unitnya, saya enggak tahu bulannya. Sebab, setiap bulan akan kita supply makanya hitunganny­a berubah-ubah terus,” sambung pria ramah ini.

Upaya juga dilakukan guna memberikan jawaban kepada konsumen yang sudah pesan. “Intinya mulai sekarang kita akan selalu melakukan bagaimana kita memberikan program apresiasi, kita juga selalu kontak ke konsumen yang sudah pesan. Kita usahakan mereka bisa menunggu. Dari pabrik juga bagaimana caranya bisa lebih cepat lagi, dari sales juga kita upayakan konsumen bisa lebih sabar menunggu,” sambung Irwan.

Ia mencontohk­an program apresiasi yang dimaksud adalah dengan menggelar event dealer autoshow. “Semua dealer melakukan event showroom mengundang konsumen. Nah, termasuk konsumen yang indent Xpander. Kalau sebelumnya mereka belum sempat test drive, mudah-mudahan dengan mencoba langsung, yang tadinya berpikir kelamaan, jadi berpikir yang sudahlah ditunggu karena mobilnya layak ditunggu. Kita juga sediakan benefit lainnya,” bebernya.• Harryt

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia